Home Traveling Gili Labak, Surga Dunia di Pulau Madura

Gili Labak, Surga Dunia di Pulau Madura

Friday, September 18, 2015 - 14:16
Bagikan
Facebook Twitter Email

Indonesia dikenal dengan tempatnya surga dunia, hampir setiap daerah atau setiap pulau di Indonesia mempunyai keindahan sendiri-sendiri. Biasanya lo tahu bagaimana keindahan Raja Ampat atau pulau Lombok. Sekarang lo bakal diajak untuk menikmati bagaimana keindahan surga dunia Indonesia lainnya dari Gili Labak di Pulau Madura.

Gili Labak adalah salah satu pulau di ujung pulau Madura. Gila Labak terletak di wiliayan kabupaten Sumenep, kota terujung di Pulau Madura. Gili berarti pulau, dan Labak ini tidak memiliki arti. Jadi Gili Labak sendiri berarti Pulau Labak. Tapi, orang di sana menyebut Gili Labak sebagai Hidden Paradise yang berarti surga yang tersembunyi.


 

Bagaimana caranya pergi ke Gili Labak?

Untuk mencapai Gili Labak, hampir tidak ada pilihan lain selain mengikuti rombangan open trip atau travel. Itu adalah cara yang paling aman untuk sampai ke Gili Labak. Walaupun, lo bisa kesana tanpa travel lo, tapi bener-bener harus mengerti seluk beluk pulau Madura Urbaners.

Pertama yang haru lo lakuin adalah pergi ke Surabaya, bisa naik kereta api atau pesawat. Setelah itu lo bisa ke terminal Bungurasih untuk pergi kota Sumenep dengan menggunakan bus. Jarak dari Surabaya ke Sumenep sekitar 5 jam lewat darat. Nanti lo bakal ngelewatin jembatan Suramadu, jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Kemudian lo bisa menuju Gili Labak lewat wilayah Kalianget. Kampung nelayan ini sangat terkenal di Sumenep, lo bisa nyewa kapal ikan untuk pergi ke Gili Labak.
 

Naik kapal ikan ke Gili Labak

Jangan bayangin kapal yang bakal lo naikin ini memiliki kemampuan seperti kapal feri. Kapal ikan nelayan ini akan berjalan sangat lambat. Perjalanan dari wilayah Kalianget ke Gili Labak memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Ketika cuaca cerah, lo bakal beruntung melihat pemandangan lautan lepas disepanjang perjalanan ke Gili Labak. Selain pemandangan lautan lepas, banyak sekali pulau-pulau kecil yang biasa menjadi tempat dermaga para nelayan.


 

Pakai sunblock, karena bakal panas banget

Siang hari di Gili Labak, lo bakal ngerasain ada sekitar 2 matahari di sana alias panas banget! Maka dari itu, sebelum perjalanan ke Gili Labak coba pakai sunblock terlebih dahulu agar kulit lo balik-balik nggak terlalu item juga.

 

Terumbu karang dan pantai pasir putih yang bakal menyihir lo

Pasair putih di Gili Labak akan ngebuat lo lupa semua masalah yang ada. Karena air lautnya yang bening banget, lo bakal ngeliat gradasi antara warna biru muda sampai hijau toska. Dan yang paling keren, lo bakal ngeliat kapal nelayan yang bersandar seakan melayang di atas terumbu karang karena air laut yang sangat bening.

Itu hanya sedikit dari keindahan dari Gili Labak. Selebihnya, lo bakal ngerasain sendiri ketika sudah ngunjungin Gili Labak.

Source: artebia.com, pegipegi.com, tripadvisor.com