Trending
Selasa, 22 September 2015

Petra, Kota Batu yang Hilang

  • Share
  • fb-share
Petra, Kota Batu yang Hilang

Salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru adalah Petra sebuah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu’. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan. Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania. Kota ini didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.

Sekadar informasi, penetapan tujuh keajaiban dunia itu merupakan pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon seluler, yang diadakan oleh Swiss Foundation, serta diumumkan di Lisbon, Portugal, pada 07-07-07 alias 7 Juli 2007.

Petra sering mendapat julukan The Lost City karena daerah ini pernah dinyatakan hilang ribuan tahun. Saat memasuki kawasan Petra Anda akan akan melihat jejeran bangunan megah yang dibuat dan dipahat dari batu-batu berukuran raksasa. Tak ayal situs ini banyak dikunjungi wisatawan yang kagum akan kemegahannya.

Terdapat di wilayah Amman, Yordania. Situs ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan khusus yang biasanya disediakan di terminal bus Amman. Pada awalnya Petra dibangun untuk tujuan pertahanan. Namun belakangan, kota ini dipadati puluhan ribu warga sehingga berkembang menjadi kota perdagangan karena terletak di jalur distribusi barang antara Eropa dan Timur Tengah. Kalau lo mau datang ke sini, lo diwajibkan membayar tiket seharga 50 JD atau kurang lebih Rp 700 ribu. Harga yang terbilang mahal, namun layak untuk tempat bersejarah sekelas Petra.

Nama Petra sendiri adalah nama dari kota hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah, Ludwig Burckhardt, di abad ke-18. Sejak saat itulah kota yang berada di pertengahan gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia. Terletak di bagian selatan Jordan dekat Laut Mati adalah Petra, kota yang ditinggalkan karena gempa bumi yang merusak infrastruktur sistem perairan di kota tersebut.

Petra dikelilingi oleh gunung, di sini ada gunung setinggi 1.350 meter dari permukaan laut. Inilah kawasan tertinggi  yang disebut Gunung Harun (Jabal Harun). Jadi buat lo yang suka sama alam, lo juga bisa melampiaskan kecintaan lo itu dengan berkunjung ke tempat bersejarah ini, Urbaners!

 

Source: youngadventuress.com, secondglobe.com, pbs.org

 

 

Comments
Sandi Widiyantoro
Petra sudah ditemukan
Kamto mun
Menginspirasi