Trending
Senin, 19 Oktober 2015

Tashirojima, Surganya Pecinta Kucing

  • Share
  • fb-share
Tashirojima, Surganya Pecinta Kucing

Tashirojima merupakan sebuah pulau kecil di Ishinomaki, Miyagi, Jepang, yang dikenal dengan sebutan “Pulau Kucing”. Penduduk di sana percaya bahwa memberi makan kucing dapat membawa kesejahteraan dan keberuntungan. Berbagai jenis kucing bisa lo temukan di sana. Kalau lo pecinta kucing, lo pasti nggak bakal mau pulang dari Tashirojima, deh!

 

Digunakan untuk Mengusir Tikus

Pada zaman Edo, jauh sebelum dikenal sebagai pulau Kucing, sebagaian besar penduduk di Tashirojima mengembangbiakkan ulat sutra untuk usaha tekstil mereka. Para penduduk menggunakan kucing untuk mengusir tikus-tikus yang mengganggu ulat sutra tersebut. Semakin lama, jumlah kucing malah berkembang melebihi manusia yang populasinya menyusut hingga di bawah seratus.

Meski begitu, para penduduk dan turis yang datang ke sana nggak merasa keberatan dengan banyaknya kucing di Tashirojima. Dalam budaya Jepang, kucing dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Beberapa orang bahkan yakin kalau kucing-kucing tersebut lah yang menjaga Tashirojima dari kerusakan gempa bumi dan tsunami di Jepang pada tahun 2011.

 

Kuil Kucing

Selain tekstil, Tashirojima juga kental dengan industri penangkapan ikan. Setelah zaman edo, teknik penangkapan ikan menggunakan jala menjadi populer di Tashirojima. Para nelayan dari berbagai area bahkan suka datang dan bermalam di pulau tersebut. Nah, kucing-kucing suka masuk dalam penginapan para nelayan. Beberapa nelayan bahkan membangun kedekatan dengan kucing dengan mengamati tingkah laku mereka, menginterpretasikannya sebagai prediksi cuaca dan pola hidup ikan.

Suatu hari, saat para nelayan sedang mengumpulkan batu untuk digunakan dengan jala, ada batu yang terlempar dan membunuh salah satu kucing. Merasa bersalah, para nelayan akhirnya mengubur kucing tersebut dan membangun kuil di Tashirojima. Hingga kini, ada sepuluh kuil dan 51 monumen batu dalam bentuk kucing. Kuil dan monumen tersebut terletak di sebelah selatan Tashirojima.

 

 

Menjadi Tujuan Turis

Kebanyakan kucing di Tashirojima bisa lo temukan di kawasan Nitoda Port. Mereka banyak berkeliaran di jalan dan terlihat menikmati perhatian dari para turis yang bermain dan memotret mereka. Tashirojima juga dikenal sebagai “Pulau Manga” karena mereka memiliki resort bertema manga yang dibangun di sebelah selatan pulau. Resort tersebut terdiri dari beberapa pondok berbentuk kucing. Sayangnya, resort ini hanya dibuka dari bulan April hingga Oktober.

Kalau lo tertarik mengunjungi Tashirojima, lo bisa menggunakan kapal feri dari kawasan Ishinomaki, Sendai. Mungkin memang agak repot, sih, untuk bisa mencapai Tashirojima, mengingat bahwa pulau tersebut termasuk daerah pedalaman. Tapi, begitu sampai di sana, semua keletihan lo bakal terbayar dengan sambutan dari para kucing di Tashirojima.

 

Source: Japan-guide.com, Slate.com , theatlantic.com , www.slate.com

 

 

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
PUTRI PUSTIKA SARI
Nice infonya...