Home Traveling Tips Menghadapi Perjalanan Pesawat yang Panjang

Tips Menghadapi Perjalanan Pesawat yang Panjang

Wednesday, March 16, 2016 - 18:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Traveling is fun, but being trapped in an airplane for hours to get to your travel destination is another story. Terlebih, kalau penerbangan tersebut merupakan salah satu yang terlama di dunia, pasti bisa lo bayangkan bagaimana lelahnya. Tetapi, jangan sampai lo kehilangan semangat untuk traveling cuma karena penerbangan yang memakan waktu lama. Lo masih bisa melakukan berbagai cara untuk membuat penerbangan lo jadi tidak terlalu membosankan.

Minum Air Mineral yang Cukup

Sebenarnya, belum ada anjuran jumlah air mineral tertentu yang harus lo konsumsi selama penerbangan, namun para ahli kesehatan merekomendasikan lo untuk mengonsumsi air mineral lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh fakta yang mengatakan bahwa ternyata melakukan penerbangan dapat menimbulkan dehidrasi. Nggak usah takut harus bolak-balik ke toilet, justru hal tersebut mampu membantu lo untuk meregangkan otot-otot kaki yang tertekuk selama duduk.

Hindari Konsumsi Alkohol

Beberapa penerbangan, terutama untuk destinasi internasional, biasanya akan memberikan fasilitas bir, wine, atau minuman berjenis alkohol lain bagi para penumpangnya. Lo mungkin bakal merasa rileks sesaat setelah mengonsumsinya, tapi kemungkinan besar lo justru bakal terjaga selama beberapa jam, mengingat bahwa alkohol dapat bersifat sebagai stimulan. Terlebih, alkohol juga dapat menimbulkan dehidrasi dan memperburuk jet lag yang pasti bakal lo rasakan setelah mendarat.

Bawa Penutup Mata untuk Tidur

Nggak ada hal yang lebih baik lagi untuk lo lakukan saat penerbangan panjang selain tidur. Salah satu cara yang bisa lo terapkan adalah dengan memasang masker penutup mata untuk menutupi pandangan dari terangnya suasana sekitar, mengingat bahwa pancaran sinar dari lampu maupun jendela dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Lo juga bisa membawa bantal leher untuk membantu lo tidur sekaligus menambah kenyamanan selama penerbangan panjang.

Olahraga Ringan di Tempat Duduk

Duduk selama berjam-jam dengan gerak tubuh yang terbatas tentu bakal bikin lo merasa pegal. Untuk meminimalisirnya, maskapai penerbangan Qantas dan Virgin menyarankan beberapa olahraga ringan yang bisa lo coba, yakni mengangkat kedua kaki lo setinggi beberapa centimeter dari lantai dan memutarnya secara perlahan, menggerakkan bahu ke depan dan belakang, serta menjinjitkan ujung kaki. Lakukan hal tersebut selama 3-4 menit pada setiap jam, dan lo bakal merasa lebih segar.

Posisi seat di pesawat ternyata juga dapat memengaruhi kenyamanan saat long-flight. Jika diperbolehkan untuk menentukan seat saat melakukan booking, pilihlah posisi di dekat jendela agar lo bisa beristirahat lebih nyaman. Beberapa ahli juga menyarankan untuk memilih seat di bagian dekat sayap pesawat agar lo nggak terlalu merasakan turbulensi, mengingat bahwa posisi tersebut lebih dekat dengan pusat gravitasi sebuah pesawat.

 

Sources:
torontosun.com
businessinsider.co.id
klikhotel.com