4 Buku Travel Terbaik Tahun 2016

Thu, 26 May 2016

Baru-baru ini, The Royal Society of Literature merilis daftar calon penerima Ondaatje Prize, sebuah penghargaan dengan hadiah sebesar 10.000 poundsterling untuk karya fiksi, non-fiksi, atau puisi yang mengusung tema travel atau tempat. Bagi yang mengaku sebagai seorang traveller sejati, lo wajib membaca beberapa bukunya berikut ini.

 

The Shepherd’s Life: A Tale of the Lake District (James Rebanks)

Buku ini menceritakan tentang kisah penulisnya, James Rebanks, sebagai seorang anak penggembala yang tinggal di Lake District. Awalnya, kisah dari The Shepherd’s Life: A Tale of the Lake District mulai ditulis sebagai postingan blog, dan penuturannya nggak urut sesuai dengan fase kehidupan Rebanks. Melalui buku ini, Rebanks bakal mengajak lo untuk berternak domba, mulai dari menggembalanya, memberi makan, hingga mencukur buku-bulunya.

 

Nothing is True and Everything is Possible: Adventures in Modern Russia (Peter Pomerantsev)

Peter Pomerantsev adalah seorang produser asal Inggris. Ia dipercaya untuk menggarap salah satu program televisi di Rusia. Sejak saat itulah, Pomerantsev jadi mengerti tentang hal-hal di balik layar pemerintahan Rusia. Melalui buku inilah Pomerantsev menceritakan segala pengalamannya tersebut. Ia pernah bertemu dengan para ahli propaganda hingga mengunjungi mafia Siberia. Seiring dengan pemerintahan Presiden Putin yang semakin agresif, Pomerantsev jadi ikut terlarut di dalamnya.

 

Weatherland: Writers and Artists under English Skies (Alexandra Harris)

Membaca Weatherland: Writers and Artists under English Skies bakal membawa lo ke Inggris hanya untuk memperhatikan perubahan iklim di sana selama beberapa abad, Perubahan tersebut terjadi begitu cepat, tapi Alexandra Harris berhasil menuliskannya secara intim dan personal, terutama detail dari berbagai deskripsi yang ia jelaskan. Harris juga menyertakan beberapa tokoh terkenal dalam bukunya ini, seperti Jonathan Swift, Percy Shelley, dan John Ruskin.

 

This Divided Island: Stories from the Sri Lankan War (Samanth Subramanian)

Pada tahun 2009, ketua dari organisasi Tamil Tigers meninggal karena dibunuh, menimbulkan terjadinya perang saudara di Sri Lanka. Perang tersebut membawa dampak yang cukup besar pada berbagai daerah, mulai dari Colombo, Batticola, hingga Trincomalee. Melalui buku ini, Samanth Subramanian mencoba untuk menggambarkan kondisi “jiwa” dari Sri Lanka, bagaimana negara tersebut bertahan hingga kini. Ia banyak berbicara dengan penduduk di sana untuk menemukan jawabannya.

 

Pengumuman pemenang untuk penghargaan Ondaatje Prize ini disampaikan pada tanggal 23 Mei 2016. Buruan beli buku-buku tersebut, Urbaners. Cocok banget untuk menemani lo saat traveling nanti, apalagi kalau lo mengunjungi tempat yang nggak memperbolehkan lo untuk mengakses gadget. Anti mati gaya, deh.

 

 

Sources: telegraph.co.uk, goodreads.com

Suka Diving? Ini Dia X Wisata Diving Paling Seru di Indonesia

Monday, December 30, 2019 - 18:06
seorang penyelam memotret sekumpulan ikan-ikan

Diving menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati saat ini. Kalau lo suka diving dan ingin mencari lokasi diving yang seru di Indonesia, banyak lokasi lo eksplorasi. Tempat-tempat ini tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Biar lo nggak makin penasaran, simak beberapa spot-nya berikut.

 

Candi Dasa

perairan biru yang jernih di Candi Dasa

Candi Dasa merupakan daerah di Bali yang ada di sebelah timur. Lokasi ini sangat cocok buat lo jadikan tempat untuk diving di Pulau Dewata. Laut di Candi Dasa memiliki daya tarik berupa alam bawah lautnya yang eksotis. Lo bisa dengan mudah menemui hewan laut seperti lion fish, ular laut, dan juga keindahan dinding koral yang megah.

 

Pulau Pramuka

Seorang scuba divers sedang menyelam di Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu. Di sini ada banyak dive site atau tempat untuk menikmati diving yang bisa lo kunjungi seperti Platform, Sea Garden, Tabularasa Shipwreck, dan juga Jetty. Selain itu, lo juga bisa menemui penyu-penyu cantik di dekat karang. Kalau lo suka sama ikan nemo, bisa juga memberi makan langsung saat diving.

 

Tulamben

ikan-ikan di bawah laut Tulamben

Tulamben berada di Pulau Bali. Bukan hanya terkenal sebagai spot diving yang seru tetapi juga terkenal dengan free diving-nya. Spot diving favorit di Tulamben yaitu Liberty Shipwreck. Lo pun bisa menikmati keseruan diving di Tulamben bersama teman di akhir pekan atau saat liburan di sini. Lokasi Panati Tulamben sendiri ada di daerah Karangasem, Bali. Selain diving lo juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing di sekitar area pantai saat sore hari tiba.

 

Derawan

perairan biru yang jernih di perairan Derawan

Derawan terkenal dengan pulau dan lautnya yang indah dan terhampar luas. Di sini lo bisa diving dengan keindahan lautnya yang menakjubkan. Nggak hanya itu saja, lo juga bisa melihat barracuda di sini. Ada schooling barracuda yang membentuk tornado. Diving di Derawan bisa membuat lo menguji ketangguhan. Ini karena arus di Derawan cukup kencang, sehingga lo nggak cuma harus siap teknik finning saja tetapi juga teknik pernafasan juga harus terlatih. Biar diving lo seru dan nyaman, pastikan lo menguasai teknik bernafas dan mengonsumsi udara dengan baik.

 

Labuan Bajo

kapal bersandar di dermaga Labuan bajo

Di Labuan Bajo terdapat banyak spot diving yang menarik dan seru. Salah satu spot diving terbaik di Labuan Bajo yaitu Manta Point. Waktu terbaik buat diving di Manta Point adalah pagi hari. Arusnya nggak terlalu kencang sehingga lo bisa diving dengan nyaman dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot diving bagi pemula.

 

Alor

sebuah kapal di atas perairan alor

Laut di wilayah Alor sangat jernih, bahkan lo juga bisa melihat frog fish. Kalau lo lagi beruntung, lo juga bisa ketemu paus, lumba-lumba dan mola-mola. Pemandangan di laut Alor dijamin bikin lo betah diving di sini. Keindahan bawah laut Alor sangat menakjubkan.  

 

Lokasi-lokasi di atas bisa jadi pilihan lo yang lagi mencari lokasi diving yang seru di Indonesia. Dijamin pengalaman diving lo akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan.

 

Source  Travel Detik