Home Traveling 4 Persiapan Besar Mendaki Untuk Pemula

4 Persiapan Besar Mendaki Untuk Pemula

Wednesday, June 1, 2016 - 14:50
Bagikan
Facebook Twitter Email

Naik gunung sekarang sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Saking banyaknya anak muda yang berkeinginan naik gunung, banyak dari mereka lupa dengan persiapan yang matang. Padahal naik gunung itu nggak sama dengan wisata-wisata yang lain. Persiapan yang kurang matang akan menyebabkan perjalanan pendakian lo kurang lancar atau yang paling ngeri lo bisa cedera.

Nah untuk lo yang pengen banget naik gunung tetapi bingung dengan persiapan. Sekarang kita akan bahas apa saja 4 persiapan besar yang harus lo lakuin untuk mendaki gunung, Urbaners.

 

List barang bawaan lo

Persiapan pertama adalah barang bawaan. Entah seberapa tinggi gunung yang akan lo daki, memakai sandal gunung dan sepatu gunung adalah wajib hukumnya. Selain itu, memakai jaket tebal dan celana gunung juga harus lo masukin ke daftar barang bawaan. Kemudian barang bawaan lain yang bisa lo bawa adalah baju, senter, jas hujan, kantung plastik dan sarung tangan. Untuk tenda dan peralatan makan, bisa lo diskusiin dengan teman-teman yang lain.

 

Cari tahu tentang gunung yang akan lo daki

Persiapan yang kedua adalah cari tahu tentang gunung yang akan lo daki. Misalnya lo naik ke gunung Bromo, walaupun bisa lo tempuh dengan menggunakan kendaraan, mencari tahu cuaca dan pengalaman para pendaki sebelumnya akan membuat lo makin siap. Jika lo mendaki gunung yang lebih tinggi, lo bisa mencari tahu lebih dalam lagi soal gunung tersebut.

 

Siapkan fisik

Persiapan selanjutnya adalah persiapan fisik. Ini khusus lo yang jarang banget olahraga, naik gunung akan menghabiskan fisik yang cukup banyak. Selain lo harus mendaki dengan jalan yang terjal, barang bawaan yang cukup berat akan mengurasi fisik lo. Jadi sebelum naik gunung, lari pagi, berenang atau sekedar bermain futsal akan membantu mengembalikan fisik lo.

 

Mental

Persiapan terakhir adalah persiapan mental. Naik gunung bukan seperti naik tangga darurat ataupun melewati halang rintang. Naik gunung lo harus mengalahkan alam dan juga diri sendiri. Lo nggak bakal tahu rintangan apa yang menunggu lo di sana. Mental setangguh apapun akan runtuh ketika berada di lereng gunung sendirian jika lo terlalu sombong.

Itulah 4 persiapan besar yang seharusnya lo lakuin sebelum naik gunung. Khususnya untuk pemula, mendaki gunung ini bukan untuk main-main ya Urbaners.

 

Source :  skytouchtravel.net,