Home Traveling 3 Hal yang Harus Lo Ketahui Tentang Everest

3 Hal yang Harus Lo Ketahui Tentang Everest

Tuesday, June 21, 2016 - 16:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Lebih dari 60 tahun yang lalu, Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay mencetak sejarah sebagai orang pertama yang berhasil naik ke puncak Gunung Everest. Sejak saat itu, pendakian ke puncak Gunung Everest makin ramai hingga saat ini. Banyak kisah-kisah menarik yang datang dari gunung ini. Berikut ini adalah 3 hal unik tentang Gunung Everest yang wajib lo ketahui.

 

Gunung Everest punya banyak nama

Meskipun yang kita tahu gunung ini memiliki nama ‘Everest’, orang asli Tibet ternyata menyebut gunung ini dengan nama kuno ‘Chomolungma’ (dieja qomolangma) selama berabad-abad. Nama tersebut berarti Dewi Pegunungan. Namun, bukan hanya itu nama yang diberikan. Orang Nepal mengenali gunung itu dengan nama ‘Sagarmatha’, yang berarti “dahi di langit’. Begitu juga bagian gunung yang masuk wilayah Nepal diberikan nama “Sagarmatha National Park”.

 

Macet karena penuh pendaki

Meskipun mendaki Gunung Everest membutuhkan biaya hingga ribuan dolar, tetap banyak orang yang ingin mendaki puncak Everest. Buktinya, di tahun 2012, terdapat hingga 234 orang yang ingin mendaki ke puncak. Hasilnya, mereka harus menunggu selama dua jam untuk bergantian mendaki ke puncak gunungnya. 4 orang meninggal karena kelelahan akibat “macet” ini.

 

Gunung paling kotor sedunia

Banyak pendaki yang meninggalkan jejak disana, begitu juga sampah yang mereka tinggalkan. Everest nggak cuma terkotori dengan mayat-mayat pendaki yang meninggal di sana, tetapi juga sekitar 50 ton sampah yang akan bertambah setiap musimnya. Kebanyakan sampah yang ditinggalkan adalah botol oksigen, peralatan mendaki, hingga kotoran manusia.

Tahun 2008, sempat ada pengumpulan sampah yang menghasilkan 13 ton sampah. Pemerintah Nepal kemudian membuat peraturan baru di tahun 2014 yang mengatakan bahwa setiap pendaki harus membawa sampah setidaknya 8 kilogram setiap kali turun gunung atau mereka akan kehilangan 4.000 dolar uang deposit mereka.

Itulah tadi beberapa fakta menarik tentang Gunung Everest yang nggak banyak orang tahu. Jadi, kapan nih lo bakal main ke Gunung Everest dan menaklukkannya sebagai salah satu orang Indonesia pertama yang berhasil melakukannya?

 

Source: listverse.com