Kenapa Lo Harus Mengunjungi Turki? - MLDSPOT
  • Traveling
  • Kenapa Lo Harus Mengunjungi Turki?

Kenapa Lo Harus Mengunjungi Turki?

Fri, 15 July 2016

Beberapa waktu belakangan ini, serial drama Turki sedang booming banget di layar kaca nasional. Nggak apa-apa kok kalau lo juga ikut rajin nonton, we’re not here to judge. Tapi, tahukah lo bahwa Turki ternyata juga menjadi salah satu destinasi traveling paling hits di dunia? Pada tahun 2004 hingga 2011, jumlah pengunjungnya bahkan sempat bertambah hingga dua kali lipat. Kalau masih ragu untuk traveling ke Turki, alasan-alasan berikut ini bakal bikin lo berubah pikiran.

 

Beragam Wisata Sejarah

Nggak ada negara di dunia yang memiliki sejarah paling beragam selain Turki. Mulai dari zaman Trojan, Mongol, Yunani, Romania, dan Ottoman, semuanya meninggalkan jejak pada kehidupan modern Turki sekarang. Hasilnya, traveller seperti lo jadi memiliki banyak pilihan wisata sejarah untuk dikunjungi. Kuatnya pengaruh dari sejarah-sejarah tersebut juga bisa lo lihat dari arsitektur berbagai gedungnya, seperti beberapa bioskop dan bangunan Library of Celsus.

 

Pemandangan Super Menakjubkan

Lo udah pernah dengar tentang Cappadocia kan, Urbaners? Kapan lagi bisa menikmati keindahan Turki dengan melayang di atas balon udara. Nah, pemandangan khas di Cappadocia tersebut cuma merupakan secuil bagian dari keindahan Turki. Kalau mau, lo bahkan bisa mencoba olahraga ski di kawasan Palandöken di Erzurum atau Erciyes di Kayseri. Atau lo lebih suka mendaki gunung? Turki juga punya Gunung Ararat yang menjadi batas geografis alami dengan negara Armenia.

 

Pesona Hagia Sophia

Ibarat Jakarta, mungkin Hagia Sophia ini adalah monasnya Turki. Bangunan bersejarah satu ini udah menjadi salah satu ikon yang nggak boleh dilewatkan untuk lo kunjungi. Dulunya, Hagia Sophia merupakan sebuah gereja yang kini telah diubah menjadi masjid. Tapi, pada masa pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk, bangunan ini resmi dijadikan sebuah museum. Keindahannya bahkan menjadikan Hagia Sophia sebagai salah satu tempat paling sakral di dunia.

 

Banyak Pilihan Kuliner Lezat

Kebab bukan satu-satunya kuliner khas Turki lho, Urbaners. Sama seperti sejarahnya yang bercampur aduk, aspek kulinernya pun nggak jauh beda. Mayoritas kuliner di Turki merupakan campuran dari budaya Eropa dan Asia. Sebagai contoh nih, ada kuliner bernama kahvalti yang umumnya dijadikan menu sarapan masyarakat Turki. Menunya terdiri dari berbagai sayuran, roti, keju, dan selai. Ada pula kudapan manis seperti baklava, kunefe, kadaif, dolma, simit, dan lain sebagainya.

Turki memiliki paket lengkap yang bisa memuaskan lo sebagai traveller. Dari mulai pemandangan keren hingga kuliner lezat, semua bisa lo dapatkan di sana. Penduduknya pun dikenal ramah, jadi lo bisa merasa aman ketika traveling di sana. Let’s go to Turkey!

 

Source: tripologist.com, blog.reservasi.com

Jalan-jalan Virtual ke Paris: Sekarang Lo Bisa Menikmati Museum Louvre Secara Gratis!

Thu, 15 April 2021
Museum Louvre

Bagi penikmat seni, rasanya pergi ke tempat instalasi seni atau tempat yang memiliki nilai seni punya daya tariknya tersendiri. Di Jakarta sendiri beberapa waktu lalu sempat ada Moja Museum yang menyediakan instalasi seni yang juga menyediakan beberapa hiburan untuk dinikmati.

Kalo lo memang seorang penikmat seni – pastinya datang ke Museum Louvre udah masuk bucketlist lo banget dalam hidup, bukan? Museum yang mencatat punya 482.000 koleksi ini udah mengumpulkan karya seni sejak perang dunia kedua. Nggak heran kalo di dalam museum ini terdapat banyak jenis seni yang antik.

Berlokasi di kota paling romantis di dunia – yaitu Paris, Museum Louvre saat ini membatasi pengunjung yang datang untuk menikmati instalasi seni yang ada. Mengingat di era new normal ini banyak border dari setiap negara dilakukan secara terbatas, Museum Louvre membuat gebrakan baru – yaitu membuka museumnya secara online!

Tanpa harus terbang ke paris, lo bisa menikmati koleksi-koleksi antik di Museum Louvre dengan cara cuma-cuma. Mau tau gimana caranya? Langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Jalan-jalan Virtual ke Museum Louvre

Museum Louvre

Credit image – The Guardian

Nggak perlu rumit dan sulit – untuk jalan-jalan virtual ke Museum Louvre lo bisa langsung mengakses database online. Database ini diperuntukkan untuk lo para penggemar seni.

Nggak cuma para penggemar seni – museum Louvre juga membuka untuk para peneliti dapat menjelajahi berbagai koleksi dengan mudah. Para pengunjung website nantinya bakal dapat akses untuk mengakses karya seni melalui album yang sudah melewati proses kurasi.

Segala karya seni dalam Louvre dapat dengan mudah diakses melalui berbagai device – baik komputer desktop hingga smartphone!

Nggak Cuma Berkunjung, tapi Juga Bisa Beli!

Sebagai museum yang termasuk paling diminati oleh para peminat seni, Museum Louvre menyadari bahwa di era new normal ini banyak yang sebenarnya ingin berkunjung namun terbatas oleh keadaan.

Dengan dibukanya Museum Louvre ini secara online, lo nggak cuma bisa berkunjung – tapi lo juga bisa membeli, meminjam, dan melihat semua koleksi yang ada dan ditawarkan. Surga banget buat lo para pecinta seni ya, bro!

Harapannya, setelah dibukanya Museum Louvre secara online ini bisa memperkenalkan budaya yang dimiliki oleh dunia dan membukakan inspirasi bagi para penikmat seni. Meskipun cuma lewat virtual, harapannya nanti para penikmat seni juga bisa berkunjung secara langsung. Well, siapa juga yang nggak mau ya, bro!

Disampaikan oleh Direkturnya Sendiri!

Museum Louvre

Credit image – The Tour Guy

Dari penjabaran di atas, semua hal itu benar adanya sesuai dengan apa yang disampaikan sendiri oleh direktur dari Museum Louvre sendiri – yaitu Jean-Luc Martinez. Pada kesempatan yang diberikan, Jean mengatakan:

For the first time, anyone can access the entire collection of works from a computer or smartphone for free, whether they are on display in the museum, on loan, even long-term, or in storage.”

Dengan ini, artinya lo semua diundang untuk datang ke Museum Louvre ini secara virtual sebelum akhirnya nanti berkunjung ke sana, bro!

Buat lo yang penikmat seni dan emang senang melukis, dengan dibukanya Museum Louvre secara virtual ini bisa lo manfaatkan untuk mendapat inspirasi lebih banyak lagi. Untuk database kunjungannya sendiri bisa langsung lo akses di sini. Enjoy, bro!

 

Feature image – Nohat