Trending
Rabu, 24 Agustus 2016

4 Taman Nasional Terbaik di Indonesia

  • Share
  • fb-share
4 Taman Nasional Terbaik di Indonesia

Sudah bukan menjadi kejutan lagi kalau Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. It’s just the fact. Jadi, lain kali lo pergi traveling, jangan cuma mendaki gunung atau diving di pantai tertentu. Indonesia juga punya taman nasional yang nggak kalah menarik untuk dieksplor. Beberapa yang terbaik bisa lo lihat di bawah ini.

 

Taman Nasional Gunung Leuser

Pada tahun 1980, UNESCO menetapkan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai salah satu Cagar Biosfer. Taman nasional satu ini digunakan sebagai lokasi konservasi dan pengoptimalan keanekaragaman hayati. Karena terdiri dari hutan pantai, hutan hujan tropis daratan rendah, dan pegunungan, lo bisa melakukan trekking sambil sesekali menemukan sungai dan air terjun. Bahkan kalau beruntung, lo bakal bertemu dengan orangutan dan gajah Sumatera.

 

Taman Nasional Baluran

Ini dia taman nasional yang kerap mendapat julukan “Africa van Java” karena adanya Savana Bekol, sebuah padang rumput yang menyajikan panorama khas Afrika. Terletak di Kabupaten Situbondo, kabarnya Savana Bekol merupakan padang rumput terluas yang ada di Pulau Jawa. Di sana, lo bisa menemui 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan 155 spesies burung. Beberapa yang sering muncul adalah burung merak, banteng, rusa, dan kijang.

 

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Kabupaten Lampung Tengah, Taman Nasional Way Kambas merupakan ekosistem hutan daratan rendah yang terdiri dari hutanrawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai. Di area seluas 125.621 hektar ini, terdapat pusat latihan gajah yang udah didirikan sejak tahun 1985. Lo bisa menyaksikan gajah dari dekat dan bermain dengan mereka. Selain itu, ada pula pusat penangkaran badak di Kuala Kambas yang nggak boleh lo lewatkan.

 

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional pertama yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1992. Sebelumnya, pada tahun 1991, UNESCO lebih dulu menetapkannya sebagai salah satu Warisan Dunia. Luas areanya mencapai 122.956 hektar. Taman nasional ini menjadi habitat asli bagi badak Jawa yang kini jumlahnya tinggal puluhan. Nah, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon memiliki gugusan pulau dengan pantai berpasir putih yang pemandangannya bagus banget.

Yuk, berkunjung ke taman nasional di atas setidaknya sekali dalam hidup lo! Selain sebagai sarana berlibur, lo bisa sekaligus membantu pemerintah Indonesia untuk melestarikan alam. Wawasan lo tentang Indonesia juga pasti bakal bertambah.

 

 

Sources: hipwee.com

Comments
sumardiyono
Wow keren bro...
Mun mbah iban
Bagus luarbiasa