Trending
Rabu, 12 Oktober 2016

Banyuwangi: Destinasi Wisata Di Timur Pulau Jawa

  • Share
  • fb-share
Banyuwangi: Destinasi Wisata Di Timur Pulau Jawa

Ketika lo berkunjung ke Pulau Bali lewat jalan darat, mungkin lo akan melewati kabupaten yang satu ini, Banyuwangi. Kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini ternyata juga menyimpan potensi wisata menarik. Bahkan, pemerintah setempat saat ini sedang menggalakkan program promosi wisata di Banyuwangi. Memangnya, ada tempat wisata apa aja di Banyuwangi?

 

Kawah Ijen

Suka dengan suasana alam yang istimewa? Lo bisa nyobain buat datang di Kawah IJen yang berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah yang luasnya 20 km dengan tinggi dinding kaldera antara 300-500 meter ini memiliki bentang alam yang luar biasa cantik. Meski begitu, jangan pernah coba-coba buat turun ke kawah karena suhu di area tersebut mencapai 200 derajat Celsius. Salah satu daya tarik utama di lokasi wisata ini adalah Api Biru atau biasa dikenal sebagai Blue Fire. Dini hari adalah waktu yang tepat untuk melihat fenomena alam ini.

 

Pantai Plengkung

Meski di Bali ada banyak pantai yang cocok untuk berselancar, masih banyak peselancar domestik hingga mancanegara yang main ke Banyuwangi buat menunggangi deburan ombak istimewa, khususnya di Pantai Plengkung. Pantai yang memiliki sebutan G-Land ini memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar. Bahkan, ombak dari pantai ini dijuluki sebagai The Seven Giant Waves Wonder karena ombak yang tercipta membentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian hingga 6 meter. Tak jarang sering diadakan lomba selancar di pantai ini.

 

Air Terjun Kalibendo

Berlokasi sekitar 20km dari pusat kota, Air Terjun Kalibendo akan memberikan lo pengalaman alam yang luar biasa indah dan menenangkan. Kondisi air yang jernih juga suasana yang dingin menambah kenyamanan ketika lo main ke air terjun ini. Jika lo berangkat dari Kampung Anyar, Glagah, lo akan menemukan pemandangan perkebunan teh, kopi, dan cengkeh yang berada di samping kiri dan kanan perjalanan menuju ke sana.

 

Selain tempat-tempat di atas, masih banyak lagi lokasi wisata yang ada di Banyuwangi. Jadi, masih menganggap Banyuwangi sebagai tempat persinggahan saja? Banyuwangi lebih dari itu, Urbaners!

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Pak Mulyono
Wisata ditimur yg keren