Trending
Senin, 24 Oktober 2016

Puncak Suroloyo, Tempat Terbaik Meneropong Borobudur

  • Share
  • fb-share
Puncak Suroloyo, Tempat Terbaik Meneropong Borobudur

Candi Borobudur, rasanya tempat ini merupakan lokasi wajib kunjung ketika berlibur di Yogyakarta atau kebetulan berada di Magelang. Melihat lokasi candi terbesar di Indonesia dari dekat memang sudah mainstream. Bagaimana bila lo bisa melihat candi ini dari ketinggian bukit? Sensasi tersebut hanya bisa lo dapatkan ketika mengunjungi Puncak Suroloyo di Kulonprogo, Yogyakarta.

 

4 gunung terlihat jelas

Tak banyak orang yang tahu bila Candi Borobudur akan sangat terlihat indah bila dilihat dari ketinggian bukit. Salah satu tempat yang paling cocok untuk melihatnya adalah dari Puncak Suroloyo. Lokasi ini merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Di puncak bukit ini, bila cuacanya cerah, lo bisa memandang kemegahan Candi Borobudur. Selain itu, lo juga bisa memandang empat gunung besar di Pulau Jawa, antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Pemandangan luar biasa yang nggak akan pernah lo temukan di tempat lain.

 

Butuh stamina untuk menuju ke sana

Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan stamina dan niat yang cukup kuat. Pasalnya, jalur menuju lokasi penuh tanjakan dan berbelok-belok. Walau ada anak tangga yang mengarah ke puncak, namun tingkat kemiringannya cukup terjal. Meski begitu, udara yang sejuk serta pemandangan alam luar biasa akan senantiasa menemani perjalanan lo menuju ke atas. Begitu sampai di atas, rasa lelah akan segera terbayarkan setelah melihat suasana pemandangan yang menakjubkan.

Di Puncak Suroloyo terdapat tiga gardu pandang yang bisa lo manfaatkan untuk bersantai sambil memandang lukisan alam yang terbentang luas. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini adalah pada saat matahari terbit hingga pukul 10.00 WIB. Di rentang waktu tersebut, cuaca cenderung cerah sehingga pemandangan terlihat jelas.

Di sini terdapat tiga tempat pertapaan, yakni Pertapaan Suroloyo, Sariloyo, dan Kaedran. Lokasi pertapaan ini sering digunakan oleh masyarakat untuk bertapa dan mencari pencerahan. Konon, pertapaan ini merupakan tempat bertapa Sultan Agung Hanyokrokusumo, Sultan Kerajaan Mataram Islam.

 

Ingin mencoba sensasi pemandangan di Puncak Suroloyo? Siapkan stamina dan niat yang kuat agar bisa sampai di puncak tanpa masalah.

Comments
Lukmanul hakim
Tak banyak orang yang tahu bila Candi Borobudur akan sangat terlihat indah bila dilihat dari ketinggian bukit
Argha hendriandika
Top mantap bro