Trending
Kamis, 30 Maret 2017

Fenomena Salto Angel, Air Terjun Tertinggi di Dunia

  • Share
  • fb-share
Fenomena Salto Angel, Air Terjun Tertinggi di Dunia

Keindahan alam yang masih asli memang tak bisa dipungkiri lagi. Salah satu cara untuk menikmati keindahan alam adalah dengan mengunjungi air terjun. Lebih lagi bila air terjun yang lo kunjungi adalah air terjun paling tinggi di dunia. Predikat tersebut disematkan pada salah satu air terjun di Venezuela yang diberi nama Salto Angel. Dengan ketinggian total 979 meter, tak heran bila air terjun ini banyak menyimpan fenomena tersendiri.

 

Pernah (akan) ganti nama

Salto Angel atau Air Terjun Angel adalah air terjun yang paling tinggi di dunia yang belum pernah dijamah oleh tangan manusia. Air terjun ini memiliki dua bagian jurang, yang terpanjang mencapai 807 meter dengan total ketinggian air terjun mencapai 979 meter. Air yang turun menuju langsung ke Sungai Churun.

Nama Salto Angel sendiri merupakan bahasa Spanyol yang berarti Air Terjun Angel. Dinamakan ‘Angel’ karena di pertengahan abad 20, seorang pilot asal Amerika Serikat, Jimmie Angel, adalah yang pertama kali melintasi air terjun tersebut.

Di tahun 2009, Presiden Hugo Chavez sempat mengumumkan bakal mengganti namanya menjadi Kerepakupai Vena, yang diambil dari bahasa Pemon dengan arti ‘air terjun di tempat yang sangat dalam’. Alasannya, air terjun ini sudah milik warga Venezuela sejak dulu, bahkan sebelum Angel melintasinya.

 

Sempat jadi inspirasi film

Salto Angel merupakan salah satu lokasi tujuan wisata paling terkenal di Venezuela, meskipun medan jalan untuk menuju kesana bisa dibilang cukup sulit dan menantang. Pasalnya, air terjun ini terletak di tengah hutan belantara yang terisolasi.

Lo harus terbang dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar untuk menuju ke Canaima Camp. Dari situ, lo akan menyusuri sungai untuk langsung menuju ke lokasi air terjun. Waktu yang paling sesuai untuk berkunjung ke air terjun ini adalah ketika Juni hingga Desember. Di masa tersebut, sungai cukup dalam untuk bisa dilalui.

Siapa sangka, ternyata air terjun ini merupakan inspirasi untuk setting tempat film animasi dari Disney berjudul Up. Air terjun ini juga sempat muncul dalam film action remake berjudul Point Break yang katanya banyak adegan-adegan ekstrim di dalamnya.

Wah, jadi penasaran nih buat menjelajahi hutan tropis Amerika Selatan selagi menuju ke air terjun tertinggi di dunia ini. Berani menantang adrenalin lo untuk berkunjung ke sana?

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Susiana Saputri
Mantap banget