Danau Notoro, Danau Merah di Hokkaido - MLDSPOT
  • Traveling
  • Danau Notoro, Danau Merah di Hokkaido

Danau Notoro, Danau Merah di Hokkaido

Fri, 02 June 2017

Urbaners hobi traveling ke Jepang, wajib mengunjungi sebuah danau di Hokkaido Jepang. Danau ini bernama  Notoro.  Uniknya, Danau Notoro diselimuti ribuan rumput berwarna merah nan mencolok mata. Notoro adalah danau air asin di Kota Abashiri, Hokkaido yang  merupakan bagian dari Abashiri Quasi-National Park.

Meskipun sering disebut danau, sebenarnya Notoro merupakan laguna yang menampung air laut. Air di danau ini terasa asin. Sementara warna merah yang menyelimuti area danau adalah rumput karang (glasswort).  Rumput yang dikenal warga Jepang dengan sebutan Akkeshi-sou.

Rumput karang ini sebenarnya adalah spesies khusus tanaman laut yang daunnya merosot. Jenis rumput ini tumbuh subur di tanah bergaram.  Tak heran, Akkeshi-sou tercatat menutupi permukaan danau yang mencapai 143 hektare.

Seperti dikutip dari Japaninfo, Danau Notoro yang berwarna merah juga memiliki tempat-tempat indah yang memanjakan mata para turis. Dari sisi timur terdapat tebing tanjung yang mempunyai tinggi sekitar 40 sampai 50 m. Tempat ini memiliki pemandangan yang mengesankan terdapat binatang ternak di padang rumput.

Danau Notoro juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam dan langit malam yang dipenuhi dengan bintang. Terdapat genangan es di musim dingin dan Urbaners bisa menikmati berbagai pemandangan menakjubkan selama empat musim.

Nama Danau Notoro sendiri berasal dari "No Oro" yang berarti tempat tanjung. Awalnya danau ini diberi nama Cape Notoro. Setelah tanggul dibangun, air laut pun terjebak di laguna dan membentuk danau air asin.

Selain menikmati pemandangan alam yang memukau, pengunjung dapat berburu kerang di Danau Notoro dari tanggal 15 April - 15 Oktober di setiap tahun. Di danau ini menawarkan 4 hektare rumput laut dan karang di tepi selatan dan merupakan salah satu yang terbaik di Hokkaido.

Namun Urbaners tidak disarankan mengunjungi Notoro saat air laut sedang pasang. Meskipun sedang musim gugur, saat itu rumpun-rumpun Akkeshi-sou terendam air. Saat terbaik mengunjungi danau ini adalah pada bulan September hingga Oktober. Saat itulah, rumput Akkeshi-sou akan berubah merah.

 

Source: Merdeka.com

Pengen Sunsetan di Jakarta? Coba ke Pantai Mutiara, Bro!

Thu, 08 April 2021
Tempat Wisata di Jakarta

Banyak yang bilang Jakarta nggak punya tempat wisata alam - karena yang ada dalam bayangan biasanya wisata Monas, Kota Tua, ataupun hiburan malam. Jangan khawatir, buat lo yang lagi mencari hiburan alam dan bisa menikmati indahnya sunset bisa berkunjung ke salah satu pantai di kawasan Jakarta Utara, namanya pantai Mutiara.

Kalo lo berencana berkunjung ke pantai ini, simak artikel MLDSPOT kali ini yang membahas lengkap pesona Pantai Mutiara dan kegiatan apa yang bisa lo lakuin di sana, check this out.

Terletak di Kawasan Elite

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - metro.tempo.co

Pantai Mutiara wajib masuk weekend list lo, bro. Nggak cuma indah, tapi juga mewah. Pasalnya, pantai ini berada di kawasan perumahan yang sangat dekat dengan laut dan luasnya sekitar 100 ha. Konsep perumahannya pun mirip seperti di Hollywood, di sana juga ada kapal pesiar dan wahana permainan. Lo bakal melihat perpaduan antara perairan laut yang alami dengan konsep modern perumahan memang suatu hal menarik untuk disaksikan.

Awalnya, kawasan itu hanya berkonsep perumahan biasa, tapi sejak tahun 1990-an - berubah menjadi perumahan elit yang diminati oleh banyak orang. Di sana juga dibuat perumahan elit dengan dermaga pribadi di belakang rumah. Jadi, bukan hanya sekedar penghuni perumahan aja yang bisa menikmati Pantai Mutiara, melainkan juga orang-orang yang bukan penghuni perumahan di sana.

Tempatnya memang sangat eksotis dan suasana terasa seperti kompleks perumahan mewah bintang film di Malibu, yang biasanya hanya bisa dilihat di adegan film. Jauh sekali kesan sumpek dan semrawut. Yang ada suasana yang rapi tertata, menawan dan elit.

Tempat Favorit Liat Senja

Pantai Mutiara ini dibuka dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam. Selain itu, tiket masuknya gratis untuk siapa aja, meskipun bukan penghuni di komplek perumahan tersebut. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah ketika sore hari menjelang sunset. Jangan lupa buat mengabadikan momen matahari terbenam dengan kamera lo ya.

Terlebih menjelang bulan Ramadhan, kalo lo mau ngabuburit sembari menunggu bedug Maghrib, lo bisa berjalan-jalan di tepi pantai atau sekadar duduk santai. Untuk menikmati sunset di Pantai Mutiara. Gimana apa lo tertarik buat ke sini, bro?.

Biar makin asik, lo bisa sekalian nongkrong di Jetski Café. Buka dari jam 4 sore hingga tengah malam, di sini ada banyak jetski dan merupakan pusat jetski di Jakarta. Lo juga bakalan nemuin berbagai bentuk, ukuran, model, dan warna jetski. Kafe ini memiliki 2 spot; indoor dan outdoor.

Tips Mengunjungi Pantai Mutiara

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - pegipegi.com

Ada beberapa tips buat lo yang berencana menikmati sunset di Pantai Mutiara.

  • Pastikan baterai HP terisi penuh. Atau setidaknya siapkan power bank biar lo nggak kehilangan kesempatan mengabadikan momen sunset.
  • Selalu ingat jaga kebersihan. Selain soal etika lingkungan, pantai ini memiliki penjaga reguler yang rajin patroli. Jadi, harus buang sampah pada tempatnya ya, bro.
  • Jangan parkir motor sembarangan. Apalagi sampai menghalangi jalan. Nanti akan ditegur oleh penjaga yang sedang patroli keamanan.
  • Buka kaca helm atau kaca mobil saat melewati pos penjagaan di pintu masuk kompleks perumahan. Selain alasan sopan santun, itu adalah standar keamanan yang mereka terapkan.

Anyway, setelah baca artikel ini - apakah lo udah membayangkan keseruan nongkrong di pinggir pantai, menikmati hembusan ombak ditemani angin sepoi-sepoi? Yuk buat jadwal berkunjung ke Pantai Mutiara, bro.

 

Feautred image - intiland.com