Trending
Jumat, 25 Agustus 2017

Mandalika Lombok Akan Punya Sirkuit Bertaraf Internasional

  • Share
  • fb-share
Mandalika Lombok Akan Punya Sirkuit Bertaraf Internasional

Lombok adalah salah satu primadona wisata di wilayah Indonesia bagian timur. Bentang alam yang memukau nggak hanya menarik wisatawan lokal tapi juga luar. Sebut saja kawasan Mandalika, yang menjadi 1 dari 10 destinasi wisata populer menurut Kementerian Pariwisata. Karena alasan inilah, buat menunjang kegiatan pariwisata, PT. Indonesia Tourism Development Corporation berniat membangun sirkuit balap di kawasan tersebut.

 

Bekerja sama dengan Beberapa Investor

PT. ITDC pun bekerja sama dengan 8 investor asing dan lokal untuk merealisasikan rencana tersebut. Sejauh ini sudah ada sebanyak 5 investor yang telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk proyek tersebut, 2 di pengembangan lahan tapi juga pengembangan atraksi dan penyertaan modal. Nilai investasi ke depannya diperkirakan bisa mencapai 7 triliun rupiah, dengan 5 triliun untuk pembangunan sirkuit balap dan sisanya pengembangan hotel bintang 5.

 

Mengejar Moto Grand Prix Mandalika 2019

Nggak lengkap rasanya kalau di area sirkuit nggak ada hotel dan fasilitas penunjang lainnya. ke depan, akan dibangun convention centre dan hotel berbintang. Rencananya, di tahun 2019 nanti bakal ada sebanyak 7 hotel berbintang 5 dengan 1500 kamar yang siap dihuni. Karena di tahun tersebut rencananya bakal digelar Moto Grand Prix Mandalika, maka saat ini pun tahap pengembangan desain bakal segera dilakukan.

 

Membuka Lapangan Pekerja Baru

Proyek besar tersebut tentunya juga bakal berdampak pada kondisi ekonomi Indonesia karena akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain tersebut karena proyek ini memerlukan suplai bahan, maka masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan ide-ide industri kreatif mereka.

Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan Mandalika dapat mendongkrak sektor pariwisata Indonesia. sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 500 hektar tersebut akan bersifat musiman sehingga bisa dimanfaatkan untuk menggelar balapan internasional. Selain itu, karena Lombok memiliki panorama yang sangat memukau, maka pengunjung sirkuit pun bisa menikmati balap sambil disuguhi pemandangan alam berupa laguna, lapangan golf, dan laut lepas. Wah, nggak kebayang kan Indonesia bakal punya sirkuit balap F1 sendiri?

 

Source: republika.co.id

Comments
Sandi Widiyantoro
Mandalika keren
SAWI TRI
Mengejar Moto Grand Prix Mandalika 2019