Home Traveling 3 Kota Tertua yang Ada di Dunia, Ada yang Berumur 5000 Tahun!
3 Kota Tertua yang Ada di Dunia, Ada yang Berumur 5000 Tahun!

3 Kota Tertua yang Ada di Dunia, Ada yang Berumur 5000 Tahun!

Wednesday, November 7, 2018 - 11:42
Bagikan
Facebook Twitter Email

Palembang menjadi kota tertua di Indonesia setelah ditemukannya Prasasti Kedukan Bukit yang menujukkan bahwa kota ini sudah ada sejak 682 masehi. Tetapi ternyata Urbaners, usia Palembang ini nggak ada apa-apanya dengan kota tertua yang akan dibahas setelah ini. Seperti dilansir oleh worldatlas.com, setidaknya ada 20 kota di dunia yang umurnya lebih dari 2000 tahun. Sekadar informasi, kategori kota tertua adalah kota tersebut harus dihuni dari awal sampai akhir. Jadi bukan sebuah nama daerah yang tak berpenghuni.

 

Byblos, Lebanon

Byblos, Lebanon

Kota paling tua yang ada di dunia adalah Byblos, Lebanon, yang sudah ada sejak 5000 sebelum Masehi. Berada di Laut Mediterania, dulu Byblos adalah daerah nelayan yang sangat kecil bernama Gubal. Masyarakat Byblos sejak dulu dikenal sebagai masyarakat nelayan dan ahli dalam membuat kapal. Di Byblos juga ditemukan bentuk alfabet pertama kali dengan nama The Phoenician tablet. Sekarang Byblos menjadi salah satu tempat budaya dan termasuk UNESCO World Heritage Site.

 

Argos, Yunani

Argos, Yunani

Bagi yang sudah melihat film 300 (2006), itu adalah gambaran jelas bagaimana tentara Spartans berhasil mengalahkan Argos yang bertahun-tahun tak terkalahkan. Sama seperti Byblos, Argos ini berada di pinggir laut, tepatnya di Teluk Argolikos. Argos dikenal sebagai salah satu kota pertama yang memiliki sistem pemerintahan kecil dan bisa sukses diaplikasikan di seluruh masyarakatnya. Nama Argos sendiri diambil dari anak Zeus dari mitologi Yunani.

 

Aleppo, Siria

Aleppo, Siria

Kota terakhir tertua di dunia adalah Aleppo, yang merupakan kota terbesar kedua di Siria setelah ibu kotanya, Damaskus. Sudah ada sejak 4300 sebelum Masehi, Aleppo sebelumnya bernama Halab. Hampir semua penduduknya ini terampil dalam membuat pakaian. Kota Aleppo pada zaman dahulu menjadi tempat singgah dan jalur utama perdagangan di Laut Mediterania. Selain itu, Aleppo juga menjadi salah kota dari 2 peradaban, jadi lo bakal melihat masjid dan gereja tua di sana.

Itulah tiga kota tertua yang ada di dunia, Urbaners. Jika ada kesempatan mengunjungi Timur Tengah atau Eropa, lo wajib mengunjungi salah satu dari ketiga kota di atas, ya.

 

 

Source: worldatlas.com