Home Traveling 4 Kota Paling Dingin di Indonesia

4 Kota Paling Dingin di Indonesia

Wednesday, May 29, 2019 - 17:33
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal memiliki cuaca yang cukup terik. Apalagi kalau lo main-main ke kota liburan khas pantai seperti Bali atau Lombok. Namun, sebetulnya Indonesia juga punya kota-kota yang suhunya cukup dingin, cocok buat lo yang kurang begitu suka cuaca panas. Ini dia beberapa kota paling dingin di Indonesia, Urbaners!

Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi adalah salah satu destinasi wisata populer yang ada di Sumatera Utara. Ada banyak danau dan air terjun cantik yang bisa dikunjungi di sini, salah satunya Air Terjun Sikulikap. Kota yang satu ini diapit oleh dua gunung, yaitu Sibayak dan Sinabung. Di area yang dekat dengan gunung, ada banyak pemandian air panas yang selalu ramai pengunjung. Lokasinya sendiri ada pada ketinggian 1.300 mdpl. Jadi, suhu udaranya pun terasa dingin. Dalam beberapa waktu tertentu bahkan bisa mencapai 10°C.

Padang Panjang, Sumatera Barat

Selain Sumatera Utara, ternyata Sumatera Barat juga punya kota yang suhu udaranya dingin. Lokasi tepatnya ada di Padang Panjang. Kota yang satu ini berada di ketinggian 650-950 mdpl dan dikelilingi tiga gunung sekaligus, yaitu Tandikat, Marapi, dan Singgalang. Posisi geografis seperti ini jelas bikin Padang Panjang selalu diselimuti hawa dingin.

Dikelilingi tiga gunung sekaligus juga membuat Padang Panjang punya curah hujan yang tinggi. Rata-rata curah hujan per tahunnya adalah 3.295 mm. Jadi, buat lo yang mau menenangkan diri sambil lihat hujan, bisa langsung ke Padang Panjang.

Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur memang punya keunikan yang seolah nggak pernah habis. Selain Taman Nasional Komodo dan Pulau Sumba yang sudah terkenal di kalangan turis, ternyata masih ada Ruteng yang punya temperatur udara rendah. Di siang hari temperatur selalu ada pada range 20°C hingga 15°C.

Kalau melihat posisi Ruteng yang ada di ketinggian 1.300 mdpl, suhu tersebut wajar sebenarnya. Namun, kalau dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia, jelas rasanya seperti di negara lain. Terlebih, Ruteng punya banyak gereja dan biara berarsitektur unik yang bakal bikin lo serasa sedang jalan-jalan di Eropa saat winter.

Mulia, Papua

Berada pada ketinggian 2.448 mdpl, Mulia adalah sebuah distrik kecil yang letaknya dekat dengan Puncak Jaya, puncak tertinggi Pegunungan Jayawijaya. Berada di area pegunungan

membuat suhu udara di Mulia selalu dingin. Sudah nggak aneh kalau siang hari di Mulia bisa mencapai 15°C dan 9°C di malam hari.

Meski nggak terlalu luas, Mulia selalu ramai karena menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Infrastruktur yang ada juga cukup lengkap untuk ukuran kota yang ada di area pegunungan, bukan pegunungan biasa pula, tapi pegunungan tertinggi di Indonesia!

 

Nah, Urbaners, apakah lo tertarik berkunjung ke salah satu kota di atas??

 

 

Source: Goodnewsfromindonesia.id