Home Traveling Bersiaplah, Bahrain Akan Buka Underwater Theme Park Terbesar di Dunia
Bersiaplah, Bahrain Akan Buka Underwater Theme Park Terbesar di Dunia

Bersiaplah, Bahrain Akan Buka Underwater Theme Park Terbesar di Dunia

Tuesday, January 29, 2019 - 00:00
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebagai salah satu negara potensial dari segi wisata di Timur Tengah, Bahrain kini mulai berbenah diri dan berambisi untuk mengalahkan Dubai. Hal ini dibuktikan dengan rencana pembangunan taman bawah laut buatan atau underwater theme park terbesar di dunia. Proyek ambisius ini menarik perhatian banyak kalangan, Urbaners. Apalagi dari cara pembuatannya dan keindahan yang ditawarkan nantinya.

 

Tenggelamkan sebuah pesawat

Tenggelamkan sebuah pesawat

Demi mewujudkan impian terbesarnya dalam membangun underwater theme park  terbesar di dunia, Bahrain nggak segan-segan menenggelamkan sebuah pesawat terbang berukuran cukup besar ke dasar laut. Sebuah pesawat Boeing 747 berukuran 70 meter tersebut nantinya akan dibangun menjadi sebuah atraksi taman dasar laut menakjubkan seluas 100 ribu meter persegi. Sebelum ditenggelamkan, Badan Pariwisata dan Pameran Bahrain menyatakan akan membersihkan pesawat secara khusus dengan deterjen ramah lingkungan.

Selain itu, pesawat tersebut juga melewati proses khusus untuk membersihkan senyawa dalam pesawat. Contohnya membuang sistem jaringan kabel, sistem hidrolik, bahan bakar, karet, dan zat kimia yang berpotensi beracun. Bahrain bukan yang pertama melakukan hal ini, sebelumnya di tahun 2006 Kanada juga pernah melakukannya untuk wisata bawah lautnya. Begitu pula dengan Turki yang menenggelamkan pesawat jenis Airbus A300 di pesisir Laut Aegean di tahun 2016 lalu.

 

Ikon negara penghasil mutiara

Ikon negara penghasil mutiara

Proyek taman laut buatan Bahrain ini diharapkan nggak cuma jadi tujuan wisatawan saja, melainkan juga para peneliti laut di seluruh dunia. Taman bawah laut ini pun akan menampilkan sisi lain Bahrain sebagai negara penghasil mutiara di dunia. Nantinya, akan dibangun replika rumah pedagang mutiara khas masyarakat Bahrain, ada pula terumbu karang buatan dan hiasan berupa patung seni yang menakjubkan.

Hadirnya taman laut ini pun bakalan mempromosikan wisata edukatif tentang kehidupan bawah laut. Taman laut ini juga diharapkan bisa ikut memperkenalkan kejayaan masa lalu dan sejarah Bahrain. Nggak ketinggalan sebagai sarana untuk pelestarian terumbu karang.

Konon, mutiara Bahrain dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Cara pemburu dalam mencari mutiara juga dilakukan secara sederhana, yakni mereka bakal menyelam sampai dasar laut. Namun, di zaman sekarang dengan kemudahan teknologi, berburu mutiara menjadi semakin mudah.

 

Gimana, Urbaners, apakah lo tertarik buat berkunjung dan diving di taman laut buatan ini? Lo bisa tunggu pembukaannya yang direncanakan pada musim panas tahun 2019 ini.

 

 

Source: Travel and Leisure