Home Traveling Cerita di Balik Foto Divers Bersama Deep Blue Shark
Cerita di Balik Foto Divers Bersama Deep Blue Shark

Cerita di Balik Foto Divers Bersama Deep Blue Shark

Wednesday, January 23, 2019 - 13:58
Bagikan
Facebook Twitter Email

Beberapa waktu lalu, divers yang juga ahli biologi laut Ocean Ramsey dibuat kaget saat berjumpa langsung dengan hiu putih terbesar di daerah Hawaii. Hiu putih raksasa yang sering disebut ‘Deep Blue’ tersebut muncul di sekitar 15 mil selatan Oahu, Hawaii. Bagaimana pengalaman mendebarkan Ocean Ramsey dan timnya tersebut? Lo bisa simak ulasannya ini.

 

Diyakini Sebagai Hiu Terbesar di Bumi

Diyakini Sebagai Hiu Terbesar di Bumi

Setelah foto dari Ocean Ramsey beredar dan ramai dibicarakan di media sosial, para peneliti pun mulai mengamati salah satu spesies hiu putih tersebut. Melansir dari The Washington Post, hiu putih ini termasuk yang terbesar di dunia saat ini. Panjang hiu putih mencapai enam meter dan para ahli biologi laut memprediksi jika hiu berjenis kelamin betina tersebut dalam keadaan hamil.

Beratnya mencapai sekitar 6.000 pound atau setara dengan 2.7 ton Urbaners, dan rata-rata memiliki panjang 4-5 meter. Namun hiu putih ini berbeda dari spesies sejenis, panjangnya mencapai enam meter. Keberadaan ‘Deep Blue’ ini diperkirakan bergerak ke dekat Hawaii karena tertarik dengan bangkai paus sperma yang merupakan sumber asupan makanan baginya.

Biasanya, perairan Hawaii bukanlah habitat yang tepat untuk spesies ini karena terlalu hangat. Faktor kekurangan makanan dan kelaparanlah yang membuatnya bermigrasi di perairan tersebut. Ditambah lagi, kondisi ‘Deep Blue’ dalam keadaan hamil yang membuatnya butuh nutrisi ekstra.

 

Sempat Mengundang Kontroversi

Sempat Mengundang Kontroversi

Keberadaan ‘Deep Blue’ memang menjadi buah bibir dan membuat siapa saja takjub melihatnya. Hal ini sendiri yang dialami oleh Kimberly Jeffries salah satu tim penyelam Ocean Ramsey yang melihat langsung di kedalaman dan ini menjadi pengalaman nggak terlupakan baginya Urbaners. Hiu raksasa ini memang terlihat ramah, dan Ocean Ramsey juga sempat mengabadikan momen saat dirinya berada di dekatnya.

Foto-foto bersama ‘Deep Blue’ yang diunggah Ocean Ramsey di akun Instagram-nya bukan tanpa kontroversi Urbaners. Dalam postingannya, Ramsey berkampanye untuk menghentikan aksi perburuan hiu. Dia pun juga pernah membuat RUU di Hawaii tentang pelarangan perburuan ikan hiu dan pari karena jumlahnya yang makin menurun.

Di sisi lain, para pengamat dan ahli justru mengecam aksi Ramsey dan foto yang diunggahnya ke akun Instagram tersebut. Para pengamat dan ahli tersebut menilai nggak cuma mengancam keselamatan Ramsey saja, tapi juga mereka menganggap aksi Ramsey hanyalah promosi diri dan bukan untuk advokasi. Kalau menurut lo gimana nih Urbaners?

 

 

Source: Travel Leisure, USA Today