Home Traveling Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah ke Kalimantan?
Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah ke Kalimantan?

Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah ke Kalimantan?

Thursday, August 8, 2019 - 16:50
Bagikan
Facebook Twitter Email

Wacana tentang pemindahan ibu kota Indonesia sebetulnya sudah cukup lama muncul, Urbaners. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kemacetan yang dinilai makin parah sampai Jakarta yang sudah dianggap terlalu crowded. Nah, wacana tersebut akhirnya menjadi nyata. Baru-baru ini Presiden Joko Widodo menyatakan secara resmi kalau ibu kota Indonesia bakal pindah dari Jakarta ke Kalimantan!

 

Masuk prioritas nasional

Masuk prioritas nasional

Mungkin banyak yang belum tahu hal ini, tapi ternyata rencana pemindahan ibu kota Indonesia sudah masuk program nasional, tepatnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 edisi revisi Juni 2019. Bahkan disebut-sebut proyek ini sendiri berada pada prioritas nomor 2 nasional.

Tentunya pemindahan ibu kota Indonesia membutuhkan dana yang nggak sedikit. Pemerintah Indonesia menyebutkan kalau alokasi dana pemindahan ibu kota diperkirakan mencapai Rp83,8 triliun. Dana bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), BUMN, dan sejumlah perusahaan swasta.

 

Kalimantan bakal jadi ibu kota baru

Kalimantan bakal jadi ibu kota baru

Setelah berbagai pertimbangan dan kesiapan, akhirnya pemerintah pun melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional memastikan kalau Pulau Kalimantan bakal menggantikan DKI Jakarta sebagai ibu kota. Walaupun begitu, pemerintah masih merahasiakan area Kalimantan mana yang dipilih untuk menjadi ibu kota Indonesia yang baru ini. Di sisi lain, pemerintah sepertinya memang nggak ingin tergesa-gesa dalam menentukan ibu kota baru ini, Urbaners.

 

Adanya beberapa pertimbangan

Adanya beberapa pertimbangan

Pemilihan Kalimantan sebagai ibu kota Indonesia baru bukannya tanpa alasan. Tentunya ada sejumlah hal yang dipertimbangkan. Mengingat Indonesia berada di titik lokasi yang rawan bencana, faktor kebencanaan pun jadi prioritas. Beberapa hal lain yang juga jadi pertimbangan adalah air, ekonomi, demografi, pertahanan, keamanan, dan sosial politik.

Namun, selain pertimbangan, ada beberapa concerns terkait pemilihan Kalimantan sebagai ibu kota baru. Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat menyatakan kekhawatirannya terkait banyaknya lahan gambut yang mudah terbakar di Kalimantan. Belum lagi berbagai lubang bekas tambang. Dua hal ini yang menurut beliau penting diperhatikan.

 

Tenang saja, pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan masih bakal dilakukan beberapa tahun lagi. Banyak hal yang harus dipersiapkan matang-matang. Kalau lo termasuk yang mendukung rencana ini atau nggak, Urbaners?

 

 

Source: cnbcindonesia.com