Home Traveling Jakarta Jadi Salah Satu Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia

Jakarta Jadi Salah Satu Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia

Tuesday, July 2, 2019 - 17:05
Bagikan
Facebook Twitter Email

Baru-baru ini Jakarta masuk daftar kota terbaik dunia terkait perbaikan sistem transportasi umum. Lo pasti nggak nyangka kalau kota metropolitan paling padat di Indonesia ini bakal meraih penghargaan bergengsi satu ini. Apalagi kalau penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan, dari ajang Sustainable Transport Award 2019 yang berlangsung di Brazil beberapa waktu lalu.

Berada di posisi ke-3 di dunia

Dalam ajang bertaraf internasional tersebut, DKI Jakarta menduduki posisi ketiga setelah Pune, India dan Kigali, Rwanda. Jakarta disebut-sebut sukses mengalahkan ratusan pesaing lainnya seperti Richmond, Amerika Serikat, Bogota, Kolombia, hingga Kingston, Kanada. Lo wajib bangga lagi karena penyusunan ranking ini nggak berdasarkan sistem voting, melainkan tiga indikator penting. Termasuk visi, konsep, serta eksekusi yang telah dijalankan pada perbaikan sistem transportasi.

Siap memperebutkan gelar juara

Terpilihnya Jakarta sebagai kota dengan perbaikan sistem transportasi terbaik di dunia membuat sejumlah pihak merasa percaya diri memperebutkan gelar juara. Di perhelatan Sustainable Transport Award 2020 nanti, Jakarta akan bersaing dengan dua nominee lainnya untuk meraih peringkat teratas. Nggak hanya berdampak pada image ibu kota Jakarta di mata dunia, penghargaan ini juga bakal bikin seluruh masyarakat Indonesia, termasuk lo, bangga.

Jakarta sukses mengurangi kemacetan

Pembangunan sistem transportasi di ibu kota, seperti MRT ( Mass Rapid Transit ) , LRT (Light Rail Transit), serta BRT (Bus Rapid Transit) tentu menjadi latar belakang terpilihnya Jakarta sebagai salah satu kota besar di dunia yang berhasil memperbaiki sistem transportasinya.Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan Bank Dunia menilai bahwa Jakarta sukses mengurangi kemacetan terbesar dibandingkan dengan 400 kota lain yang juga menjadi nominee di ajang tersebut.

Kado ulang tahun yang spesial untuk Jakarta

Pada 22 Juni lalu, DKI Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-492. Tentu saja, penghargaan Sustainable Transport Award 2019 yang diraih menjadi kado ulang tahun paling spesial. Sejak diberikan secara rutin setiap tahunnya pada 2005 silam, ini adalah kali pertama bagi Jakarta terpilih sebagai nominasi dan menduduki peringkat ketiga sebagai kota besar di negara berkembang yang sukses memperbaiki sistem transportasi. Kota pemenang STA 2019 sendiri rencananya bakal diumumkan pada bulan Januari 2020 mendatang.

Urbaners , semoga kali ini DKI Jakarta yang sukses memenangkan penghargaan bergengsi Sustainable Transport Award ini, ya!

Source: suara.com, kompas.com