Home Traveling Kepulauan Riau akan Memiliki Gedung Tertinggi di Indonesia dan Singapura!
Gedung tertinggi di Indonesia Meisterstadt Batam mengusung konsep bangunan vertikal terintegrasi yang lebih dulu berkembang di Jerman.

Kepulauan Riau akan Memiliki Gedung Tertinggi di Indonesia dan Singapura!

Tuesday, October 8, 2019 - 17:27
Bagikan
Facebook Twitter Email

PT Pollux Properti Indonesia, Tbk (POLL) bersama keluarga mendiang BJ Habibie sedang melakukan pembangunan kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt di Batam. Pembangunan ini tentu bukan tanpa alasan, Urbaners. Disebut-sebut Batam adalah wilayah ekonomi paling strategis nggak cuma untuk Indonesia, tapi juga bagi negara-negara lain di Asia Tenggara.

 

Menghabiskan Dana US$1 Miliar

Di tahun 1978-1998 silam, (Alm) Habibie sempat menjadi Otorita Batam, di saat itu pula beliau menargetkan Batam sebagai pusat industri manufaktur terbesar di Indonesia. Sempat tertunda selama hampir dua puluh tahun, kawasan yang digadang-gadang bakal punya gedung tertinggi di Indonesia ini sudah memulai tahap pembangunannya. Disebutkan bahwa pembangunan kawasan ini menghabiskan dana fantastis hingga US$1 miliar!

 

Sudah Menyelesaikan Pembangunan Empat Tower

Empat tower megasuperblock Meisterstadt telah selesai dibangun dan memasuki tahap akhir penyempurnaan.

Rencananya, bakal ada sebelas tower yang dibangun di kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt ini. Di tahap awalnya, POLL sudah berhasil membangun empat tower. Berdiri di atas lahan seluas sembilan hektare, keempat tower ini nantinya difungsikan sebagai bangunan mall, rumah sakit, universitas, apartemen, hotel, serta kawasan perkantoran dan niaga. Artinya, dalam satu area lo bisa mendapatkan fasilitas modern yang lengkap dan dikelola secara terpadu

 

Melebihi Ketinggian Gedung Tanjong Pagar Center di Singapura

Urbaners, salah satu tower di megasuperblock Meisterstadt kabarnya bakal dibangun dengan ketinggian sekitar 350 meter, yang terdiri dari 100 lantai. Tower yang ditujukan sebagai area perkantoran dan niaga ini nggak hanya jadi tertinggi di Indonesia. Kerennya lagi, kalau pembangunannya sudah berhasil tower ini mampu melebihi ketinggian gedung tertinggi di Singapura, Tanjong Pagar Center, yang memiliki tinggi bangunan sekitar 290 meter.

 

Mengadopsi Konsep Intergrated Vertical City dari Jerman

Gedung tertinggi di Indonesia yang dibangun kali ini menerapkan konsep intergrated vertical city demi meminimalisir penggunaan lahan.

Kalau sebelumnya lo mungkin sudah pernah mendengar kawasan hunian terpadu di lahan horizontal, maka kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt justru mengadopsi konsep intergrated vertical city yang sudah banyak diterapkan di Jerman. Jelas ini adalah terobosan terbaru dalam bidang konstruksi pembangunan di Indonesia. Ditargetkan sebelas tower megasuperblock Meisterstadt selesai dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

 

Lo masih nggak percaya kalau nantinya tower di kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt bakal jadi yang tertinggi? Sebagai perbandingan, saat ini gedung tertinggi di Jakarta adalah Gama Tower di Jalan HR. Rasuna Said dengan ketinggian sekitar 310 meter. Sementara gedung terbaru di kepulauan Riau ini bakal setinggi 350 meter, Urbaners!

 

 

Source: goodnewsfromindonesia.id