Home Traveling Mengenal Kanguru Papua, Spesies Langka yang Nggak Kalah Lucu dengan yang ada di Australia
Mengenal Kanguru Papua, Spesies Langka yang Nggak Kalah Lucu dengan yang ada di Australia

Mengenal Kanguru Papua, Spesies Langka yang Nggak Kalah Lucu dengan yang ada di Australia

Wednesday, June 13, 2018 - 08:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kanguru merupakan binatang langka dan dilindungi. Hewan ini semakin spesial karena untuk melihatnya lo harus terbang jauh-jauh ke Australia. Mungkin lo bisa melihat beberapa kanguru di kebun binatang, tetapi lo nggak bisa melihat kanguru berlari-lari sebebas di Australia. Tapi muncul pertanyaan, apakah kanguru hanya ada di Australia?

Ternyata jawabannya nggak, Urbaners. Kanguru ternyata juga ada di Papua, Indonesia. Teori Benua Eurasia yang terbentuk jutaan tahun yang lalu membuat banyaknya kesamaan antara Australia dan Papua, salah satunya adalah kanguru. Karena bentuk iklim dan lingkungan yang berbeda, kanguru di Papua ini memiliki bentuk yang sangat berbeda. Bahkan bisa dibilang kanguru Papua ini lebih lucu daripada kanguru Australia.

 

Kanguru Papua lebih kecil

Ada perbedaan cukup besar antara kanguru Papua dan kanguru Australia. Kanguru Australia  mempunyai tinggi hampir 2 meter dengan berat badan mencapai 100 kilogram lebih. Kemampuan lari dari kanguru Australia ini juga sangat cepat dan kuat. Ada banyak sekali kejadian di Australia ketika kendaraan tertabrak kanguru, biasanya kendaraan akan hancur seperti menabrak tiang listrik.

Tetapi sangat berbeda dengan kanguru di Papua. Kanguru Papua ini cenderung lebih kecil, berbulu tebal, dan sangat lucu. Kanguru Papua dibagi menjadi dua jenis, yaitu kanguru pohon dan kanguru darat. Kanguru darat memiliki ciri-ciri persis kanguru Australia, tetapi bentuknya lebih kecil. Kanguru darat Papua hanya memiliki tinggi 90 cm dengan berat nggak sampai 100 kg.

Untuk kanguru pohon, ini merupakan jenis paling disukai oleh wisatawan. Kanguru pohon ini lebih mirip gabungan antara beruang dan kucing, serta memiliki bulu yang sangat lebat. Warnanya pun ada bermacam-macam, mulai dari kanguru emas, hitam, merah, bahkan ada yang putih.

 

Bagaimana cara melihat kanguru Papua?

Kanguru Papua sangat berbeda dengan kanguru Australia, termasuk habitatnya. Di Papua lo akan kesulitan melihat kanguru yang berada di jalanan seperti di Australia. Jadi untuk melihat secara langsung kanguru Papua, lo harus mengunjungi taman nasional. Ada dua taman nasional di Papua yang memiliki kanguru, pertama Tamam Nasional Wasur di Merauke dan Taman Nasional Gunung Lorentz di Timika.

Sekarang kanguru Papua sedang diperhatikan secara ketat karena jumlahnya mulai berkurang. Semoga jumlah kanguru Papua bisa bertambah dan bisa tersebar di kebun binatang di seluruh Indonesia.

 

Source: goodnewsfromindonesia.com