Home Traveling Mengunjungi Istana Potala di Atas Awan Tempat Tinggal Dalai Lama
Mengunjungi Istana Potala di Atas Awan Tempat Tinggal Dalai Lama

Mengunjungi Istana Potala di Atas Awan Tempat Tinggal Dalai Lama

Wednesday, September 5, 2018 - 14:26
Bagikan
Facebook Twitter Email

Dalai Lama merupakan pemimpin negara Tibet sejak tahun 1391 dan sampai sekarang ada Dalai Lama ke-14, yaitu Tenzin Gyatso. Sejak Dalai Lama pertama, secara turun temurun mereka tinggal di Potala Palace atau Istana Potala yang berada pada 12,139 meter di atas permukaan laut. Tetapi pada tahun 1959, ada invasi yang dilakukan pemerintah Tiongkok untuk memperluas wilayah dan Tibet pun menjadi sasaran. Akhirnya Dalai Lama ke-14 mengungsi ke India dan harus meninggalkan istana tersebut.

Setelah invasi dilakukan, Istana Potala hancur lebur. Beberapa aktivis dari Tibet berusaha menyelamatkan istana tersebut dari kehancuran yang lebih berat. Pada akhirnya, pemerintah Tiongkok yang didesak oleh negara-negara tetangga memutuskan untuk menyelamatkan istana tersebut. Setelah melakukan pemugaran total, pada tahun 1994 istana tersebut masuk sebagai UNESCO World Heritage.

 

Menjadi museum Dalai Lama

Menjadi museum Dalai Lama

Setelah menjadi warisan dunia, Pemerintah Tiongkok membuka Istana Potala untuk khalayak umum. Di dalam Istana Potala juga terdapat museum dan perpustakaan yang berisi buku-buku peninggalan Dalai Lama. Ketika pertama kali dibuka pada 2003, Istana Potala ini langsung menjadi daya tarik wisatawan yang ada di seluruh dunia.

Para wisatawan tertarik dengan kisah Dalai Lama yang sangat dihormati oleh seluruh orang di dunia. Bahkan ketika Kekaisaran Mongol, Tibet mendapatkan perhatian yang sangat lebih dan dibebaskan untuk mengembangkan negaranya sendiri karena Tibet dikenal sebagai negara yang sangat religius. Ketika lo mengunjungi Istana Potala, lo akan dibawa ke masa-masa Dalai Lama terus berjuang di jalannya sendiri.

 

Sekitar Istana Potala

Sekitar Istana Potala

Jika lo melihat peta dari Istana Potala, lo akan melihat hampir seluruh daerah akan diselimuti oleh tanah putih, salju. Tetapi jangan bayangkan di Istana Potala ini masih gersang atau tertinggal, di sana terdapat banyak sekali tempat wisata, lho. Bahkan di dekat istana tersebut terdapat Hotel Sheraton berbintang 5 yang bisa lo jadikan tempat istirahat. Untuk menuju ke Istana Polata, lo bisa naik pesawat ke Tibet dan turun di The Lhasa Gonggar Airport, di sana lo tinggal naik bus ke Istana Potala.

Dijamin liburan lo ke Tibet bakal berbeda daripada sebelumnya, Urbaners.

 

Source: nationalgeographic.co.id