• Traveling
  • Pesawat N219 untuk Tempuh Pedalaman Indonesia

Pesawat N219 untuk Tempuh Pedalaman Indonesia

Fri, 24 November 2017

Presiden Jokowi dengan bangga memperkenalkan pesawat N219 atau disebut juga pesawat Nurtanio pada pertengahan bulan November kemarin. Pesawat Nurtanio yang bisa mengangkut penumpang dan kargo ini dipergunakan untuk menempuh pedalaman Indonesia yang dikenal mempunyai medan yang sangat berbahaya.

Pesawat Nurtanio ini akan bersiap menghadapi uji terbang dalam 2 tahun ke depan. Jika program ini sukses, Pesawat Nurtanio nggak hanya dipergunakan di dalam negeri, tetapi juga bakal dipasarkan di luar negeri.

 

Untuk mengenang Nurtanio

Pesawat N219 disebut Pesawat Nurtanio bukan tanpa alasan. Nama Nurtanio diambil dari Laksamana Muda Udara Nurtanio Pringgoadisuryo, salah satu anak bangsa kebanggaan Indonesia dalam urusan dirgantara. Nurtanio mempunyai cita-cita yang sangat besar, beliau ingin berkeliling dunia dengan pesawat buatan Indonesia. Walaupun cita-citanya belum kesampaian, Nurtanio udah pernah membuat pesawat Glider dengan bahan 100% buatan Indonesia.

Pada tanggal 21 Maret 1966, Nurtanio sedang menerbangkan pesawat Aero 45 buatan Cekoslowakia. Sayang, pesawat yang ditumpangi Nurtanio mengalami kerusakan mesin. Ketika ingin melakukan pendaratan darurat di lapangan Tegallega, Bandung, Nurtanio gagal mengendalikan pesawat dan akhirnya meninggal dunia.

 

Pembangunan dan pemerataan Indonesia

Pesawat N219 memang cukup kecil jika dibandingkan dengan pesawat komersial semacam Boeing. Tetapi, dengan bentuk yang kecil tersebut, N219 Nurtanio bakal bisa mendarat di bandara yang kecil sekali pun. Pesawat N219 ini nggak memerlukan bandara besar untuk mendarat, jadi mau di gunung atau bandara seadanya pesawat ini bakal bisa tetap mendarat.

Jadi, daerah-daerah terpencil di Indonesia yang sebelumnya nggak terjangkau bakal mendapatkan prioritas sama dengan daerah lain. Pesawat kebanggaan Indonesia, dibuat untuk kepentingan rakyat Indonesia juga Urbaners!

 

Source: kompas.com

4 Cafe di Yogyakarta yang Asik Buat Hangout Bareng Teman

Monday, February 17, 2020 - 15:20
Gubug Makan Mang Engking yang ada di Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan mirip seperti kastil

Yogyakarta selalu berhasil bikin kangen, setuju nggak, Urbaners? Selain menyimpan segudang tempat wisata alam yang cantik, Yogyakarta juga dikenal karena memiliki sejumlah makanan khas yang sangat lezat. Nggak hanya itu saja, kota yang satu ini juga telah memiliki sejumlah café kekinian yang super asik dibuat tempat nongkrong bareng teman, Urbaners!

Inilah rekomendasi café keren dan asik yang bisa lo kunjungi saat mampir ke Yogyakarta.

 

The Captain Urban Lounge

Terdapat moncong pesawat yang ada di bagian depan caféSalah satu café dengan desain keren dan pastinya Instagrammable yang harus lo kunjungi adalah The Captain Urban Lounge. Terletak di Jl Damai No. 41 Sariharjo, Sleman, café yang satu ini cukup menjadi buah bibir dari warga sekitar Yogyakarta. Bagaimana tidak, café ini memiliki desain unik dengan moncong pesawat yang terletak di bagian depannya. Saat lo masuk ke dalam café akan disuguhkan dengan pemandangan yang mirip dengan pesawat Fokker 28. Saat nongkrong di tempat ini lo pasti akan merasa seperti sedang bersantai di dalam sebuah pesawat. Pada bagian kokpitnya pun disulap menjadi panggung untuk live music.

 

Iconic Gelato & Bistro

Di bagian dalam café Iconic Gelato & Bistro terdapat pajangan tokoh superhero dalam lemari kaca

Buat lo yang suka dengan tokoh-tokoh dari superhero, sebaiknya masukkan café yang satu ini ke dalam daftar tempat yang bakal lo kunjungi di Yogyakarta. Selain bisa menikmati sejumlah gelato yang lezat, di sini pengunjung juga bisa melihat koleksi superhero yang ditata dalam sebuah display kaca. Karakter superhero yang dipajang di sini cukup beragam mulai dari superhero dari Marvel, DC dan bahkan karakter dari Star Wars. Bertempat di Jalan Magelang Km 5,8, Yogyakarta, di café yang satu ini juga tersedia berbagai macam aksesoris superhero yang kalah menariknya.

 

Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking memiliki desain arsitektur yang keren dengan bentuk kastil khas Eropa

Ingin mencoba nongkrong dengan suasana yang unik? Coba kunjungi Gubug Makan Mang Engking yang ada di Jl Soragan No. 13, Yogyakarta ini ya Urbaners. Di tempat ini lo bisa menikmati sejumlah hidangan makanan yang lezat sembari merasakan suasana seperti berada di sebuah kastil khas Eropa. Desain bangunannya sangat keren karena menyerupai kastil sehingga cukup sering digunakan tempat foto bagi para pelanggannya. Rumah makan ini memang sudah memiliki banyak cabang di kota besar Indonesia lainnya, tapi jika ingin berfoto di kastil, lo hanya bisa menemukannya di Yogyakarta.

 

Café Brick

Desain bagian depan dari Café Brick memperlihatkan motor vespa dan bangunan yang terbuat dari bahan bata

Café Brick juga menjadi salah satu café unik yang berada di Yogyakarta. Café yang satu ini sangat nyaman dan memiliki suasana seperti berada di perkotaan yang ada di Eropa. Di depan café terdapat mobil antik dan di bagian dalamnya terdapat benda-benda unik yang berasal dari kota London. Beralamat di Jl Damai No. 8, Tambakan, Sleman, Yogyakarta, café ini juga memiliki barang-barang antik seperti kotak telepon, televisi, hingga radio. Café ini sangat nyaman sehingga lo pasti betah nongkrong berlama-lama di tempat ini.

Itulah beberapa café unik di Yogyakarta yang cocok buat nongkrong. Tertarik mampir di café yang mana nih, Urbaners?

 

 

Sources: kompas.com, Indonesia.tripcanvas.co, nyero.id