Home Traveling Ternyata 3 Negara Ini Juga Rayakan Thanksgiving Lho
Ternyata 3 Negara Ini Juga Rayakan Thanksgiving Lho

Ternyata 3 Negara Ini Juga Rayakan Thanksgiving Lho

Wednesday, November 28, 2018 - 15:58
Bagikan
Facebook Twitter Email

Thanksgiving mempunyai sejarah yang panjang di Amerika Serikat. Walaupun sampai sekarang masih banyak perdebatan kapan dan di mana sebenarnya sejarah awal Thanksgiving, tetapi setiap tahun masyarakat Amerika Serikat selalu berkumpul bersama teman, sahabat, dan keluarga untuk bersyukur apa yang mereka dapatkan selama satu tahun terakhir. Nah, ternyata nih Urbaners, di luar negeri ada negara yang merayakan Thanksgiving. Walaupun nama dan budayanya sedikit berbeda, tetapi tujuan mereka sama, yaitu untuk berkumpul dan bersyukur.

 

Jerman, Erntedankfest

Jerman, Erntedankfest

Negara pertama yang mempunyai tradisi Thanksgiving adalah Jerman. Jika di Amerika Serikat Thanksgiving diadakan setiap hari Kamis keempat di bulan November, maka Erntedankfest ini dilakukan setiap hari minggu pertama bulan Oktober. Arti dari Erntedankfest adalah wujud rasa syukur terhadap hasil panen, jadi konsepnya persis dengan Thanksgiving. Tetapi yang membedakan adalah di Jerman Erntedankfest dilakukan dengan cara turun ke jalan dan berkumpul di lapangan luas. Jadi, Erntedankfest ini semacam festival tahunan yang sangat meriah di Jerman.

 

Belanda

Belanda

Nggak ada nama yang pasti untuk peringatan Thanksgiving karena bukan termasuk public holiday atau hari libur nasional. Tradisi Thanksgiving di Belanda ini hanya ada di daerah Leiden, yang hampir sebagian besar warganya merupakan transmigran dari Amerika Serikat. Jadi, setiap hari Kamis keempat di bulan November, warga Leiden akan berkumpul ke Gereja untuk berdoa, dan setelah itu mereka akan berbincang sambil minum teh dan biskuit.

 

Jepang, Kinro Kansha No Hi

Jepang, Kinro Kansha No Hi

Ternyata Jepang juga mempunyai acara yang serupa dengan Thanksgiving, yaitu Kinro Kansha no Hi yang berarti hari bersyukur terhadap kerja keras selama satu tahun. Kinro Kansha no Hi ini dilakukan setiap tanggal 23 November dengan cara berkumpul bersama keluarga dan juga komunitas pekerja. Tetapi belakangan, acara ini digunakan untuk protes kepada human rights dan juga aktivis pencinta lingkungan.

Jika melihat tradisi di atas, Thanksgiving di Indonesia bisa dibilang adalah Hari Raya Idulfitri. Ketika semua orang berkumpul bersama keluarga, makan, dan refleksi satu tahun terakhir.

 

 

Source: 10best.com