Home Traveling Vietnam Bakal Gelar Balapan F1 di Tahun 2020, Indonesia Kapan?
Vietnam Bakal Gelar Balapan F1 di Tahun 2020, Indonesia Kapan?

Vietnam Bakal Gelar Balapan F1 di Tahun 2020, Indonesia Kapan?

Thursday, November 8, 2018 - 17:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada awal November 2018 kemarin, Asia Tenggara geger. Bukan karena ada kejadian khusus, tetapi otoritas resmi dari Formula 1 mengatakan bahwa tahun 2020 mendatang, Vietnam berpotensi untuk menjadi tuan rumah ajang balapan mobil bergengsi di dunia. Dilansir dari motoworld.com, walaupun Vietnam nggak mempunyai basis penggemar F1 tinggi seperti di Thailand, Malaysia, atau bahkan Indonesia, ternyata pemerintah di sana sangat getol untuk menjadi tuan rumah balapan F1.

 

Pengganti Malaysia sebagai tuan rumah F1

Pengganti Malaysia sebagai tuan rumah F1

Malaysia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah MotoGP dan juga F1 sejak tahun 1999. Tetapi karena beberapa masalah sponsor dan ticketing, pada tahun 2017 kemarin Sepang International Circuit terakhir menyelenggarakan F1 dan fokus ke MotoGP. Praktis Asia Tenggara hanya punya balapan jalanan Singapura yang sampai sekarang menjadi salah satu balapan paling bergengsi karena tantangan sirkuitnya yang cukup berbahaya.

Untuk menutupi hal tersebut, pemerintah Vietnam bersama para stakeholder di sana sepakat untuk menjadikan Hanoi sebagai salah satu tuan rumah F1. Yup, sampai sekarang Vietnam nggak punya sirkuit yang bertaraf internasional, tetapi Vietnam bakal menyulap beberapa jalanan utama di kota tersebut menjadi sirkuit F1.

 

Kapan Indonesia jadi tuan rumah F1?

Kapan Indonesia jadi tuan rumah F1?

Melihat bagaimana getolnya pemerintah Vietnam demi menjadi tuan rumah F1 walaupun di negaranya basis penggemar F1 sangat sedikit dan bahkan mereka nggak punya sirkuit, tentu muncul pertanyaan: kapan Indonesia menjadi tuan rumah F1?

Beberapa kali para stakeholder mengusahakan Indonesia untuk menjadi tuan rumah balapan F1. Alasan terbersarnya adalah Indonesia mempunyai Sirkuit Sentul yang pernah menjadi tuan rumah balapan MotoGP tahun 1996. Ternyata Urbaners, menjadi tuan rumah F1 ini nggak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, pertama adalah ketersediaan dana yang diprediksi mencapai 30 juta dolar. Kemudian ada peraturan khusus yang harus dikeluarkan oleh bea cukai mengenai keluar masuk kendaraan bermotor dan juga barang-barang impor.

Sampai sekarang, berita mengenai Indonesia menjadi tuan rumah F1 masih isapan jempol belaka. Apakah “pancingan” Vietnam yang bisa menjadi tuan rumah F1 bakal jadi hentakan pemerintah Indonesia? Mungkin saja.

 

 

Source: kompas.com