Trendings
Jumat, 01 Oktober 2021

5 Kisah Bar Legendaris di Dunia

  • Share

Bermula sejak abad ke-16 di Amerika, bar berasal dari kata barrier adalah pemisah antara pembeli dan penjual minuman (bartender). Nongkrong di bar mungkin bukan untuk semua kalangan, namun hal tersebut bukan hal yang asing di kalangan anak muda di Indonesia. Apalagi untuk negara komunal seperti Indonesia, nongkrong dan berkumpul sebagai bentuk bersosialisasi menjadi hal yang sudah turun-temurun di negara kita. 

 

Definisi bar sendiri adalah tempat berkumpul dan bersosialisasi bagi berbagai lapisan masyarakat dan membeli minuman. Perbedaan nongkrong di bar bagi orang Indonesia dan negara barat sendiri adalah jika di Indonesia orang pergi ke bar lebih untuk bersosialisasi, bertemu orang baru, atau bahkan menikmati pengalaman baru di tempat baru. Jika di negara barat yang lebih individualis, mereka pergi ke bar langganan mereka untuk menikmati minuman yang tersedia.

 

Berikut 5 kisah bar legendaris di berbagai belahan dunia yang bisa lo simak;

 

1. Harry New York Bar, Paris

Jika kalian pernah memesan minuman Bloody Mary, Harry New York Bar mengklaim merekalah yang menciptakan classic cocktail tersebut, walaupun masih menjadi bahan perdebatan. Pemilik bar Harry MacElhone adalah seorang barman yang bekerja di tempat tersebut sejak 1911, dan berhasil membeli bar tersebut pada 1923. Harry New York Bar berlokasi di 5 Daunou, Paris, Perancis.

 

2. Bar Hemingway at The Ritz, Paris

Sesuai namanya, bar ini muncul di era Ernest Hemingway. Menurut sejarah, Ernest Hemingway memang banyak menghabiskan waktu di bar yang dijuluki ‘ladies bar’ ini bersama teman-temannya pada era 1920-1930. Bar legendaris ini berlokasi di The ritz Hotel, 15 Place Vendome, Paris, Perancis. 

 

3. The American Bar at The Savoy, London

Dikenal sebagai bar terbaik di dunia, bar ini juga dikenal punya sejarah panjang di belakangnya. Meski telah mengalami banyak modernisasi, The American Bar tetap menjaga nilai-nilai sejarah, salah satunya adalah bartender yang tetap mengenakan jas rapi bergaya ala Harry Craddock, penulis buku The Savoy Cocktail Book, yang berisi salah satu resep classic cocktail terkenal, White Lady. bar ini berlokasi di The Savoy, Strand, London, Inggris.

 

4. El Floridita, Havana

Sebagai ibukota Cuba, Havana memiliki bar kebanggaan bernama El Floridita. Berdiri sejak 1817, bar ini juga dikenal sebagai mengklaim sebagai bar pertama yang menciptakan frozen cocktail. Dijuluki sebagai The Spirit of Hemingway, ber ini berlokasi di Obispo, La Habana, Cuba.

 

5. Jayapub, Jakarta, Indonesia

Bisa dibilang sebagai bar pertama di Indonesia, Jayapub dibangun sejak tahun 1975. Pemiliknya adalah pasangan selebritis Frans Tumbuan dan Rima Melati, dan sempat menjadi sangat tersohor di era 1980 sebagai tempat nongkrong para pejabat dan ekspatriat. Bermula dari sepulang Frans dari Belanda dan sulit untuk menemukan bar di Indonesia, Jayapub pun menjadi inspirasi untuk tumbuhnya bar-bar lain di Indonesia. Yang awalnya terletak di sebelah timur Gedung Jaya, kini Jayapub berpindah di sebelah selatan gedung tersebut. 


Buat lo yang punya hobi nongkrong di bar, semoga daftar bar di atas bisa jadi referensi lo selanjutnya, atau mungkin lo punya bar langganan yang seru untuk nongkrong, coba tulis di kolom komentar, Bro. Atau tonton obrolan soal etika nongkrong di bar bareng host MLDPODCAST, Ryo Wicaksono bersama dua narasumber pemilik Tori Bar, Ranaditya Alief dan Rendy Yusuf di sini.

Comments

wow amaziiing all
Bar Hemingway at The Ritz,