Trendings
Jumat, 17 September 2021

5 Tips Emilia Nico Buat Lo Yang Lagi Ngulik Food Styling

  • Share

Mungkin dari lo belum terlalu familiar dengan profesi satu ini, tapi semakin kesini profesi food stylist, atau juga disebut penata rias makanan memang semakin menjamur didorong juga dengan maraknya sosial media. Tak hanya itu, ternyata food styling kini juga mampu menghidupi para penggiatnya. 

 

Emilia Nico, salah satu food stylist yang banyak menginspirasi ini membagi tips untuk para food enthusiast yang ingin memulai menggeluti dunia food styling. Memulai karir di bidang food styling sejak 2009, Emilia Nico kini mulai banyak dikenal dan digunakan jasanya oleh berbagai brand besar baik lokal maupun internasional. Kecintaannya terhadap dunia tata rias makanan bermula dari ajakan teman untuk sebuah project foto sebuah product, Emilia yang merasa suka menata barang, termasuk menata kamar dan rumahnya, pun mengiyakan ajakan tersebut. Setelah itu Emilia juga sempat menjadi tim foto untuk sebuah tabloid lifestyle, dan hingga akhirnya pada tahun 2009 memutuskan untuk menggeluti dunia food styling.



Berikut 5 tips basic food styling dari Emilia Nico;

 

1. Cek kondisi makanan dan garnish yang akan difoto.

Gue ga platting dari piring kosong, jadi keluar langsung dari kitchen. Sayangnya kebanyakan garnish dari kitchen sudah layu, jadi begitu mau shoot kita take out garnish yang dari kitchen kita ganti yang lebih fresh. Untuk sauce agar gak terlalu flat kita beri sedikit tekstur dengan belakang sendok.” 

 

2. Gunakan minyak untuk memberikan efek fresh pada makanan

Untuk daging ayam atau main meal lainnya bisa kita poles sama minyak. Banyak yang nanya biasanya pakai minyak jenis apa, kalau gue sih biasanya pilih minyak yang paling bening, kalaupun pakai olive oil pilih yang gak terlalu kehijauan, jadi netral saja. Kita cek lagi kalau misalnya ada yang layu, biasanya gue cubit-cubit dikit pakai pinset, supaya dia gak lepek karena kelamaan dari dapur.

 

3. Sesuaikan teknik styling dengan fotografer dan nuansa restoran

Karena restorannya nuansa Lebanese dan warnanya dominan biru, gue di sini pakai napkin warna biru. Kebetulan nanti fotografer akan shoot-nya flat lay, jadi gue styling-nya juga lihatnya flat lay. Karena styling kalau fotografer shoot-nya dari depan atau 4:5 atau eye-level itu gue styling-nya beda lagi.

 

4. Siapkan ambience untuk menu yang akan difoto

Untuk foto menu biasanya kita harus tahu dulu formatnya, horizontal, vertical, atau untuk sosial media yang biasanya square.

 

5. Perhatikan komposisi penataan makanan

Untuk komposisi di satu set itu kita harus kasih negative space, supaya tetap menu utamanya itu yang jadi hero. Kita gak bisa terlalu banyak pakai props, jadi mata audience bakal rebutan. Menurut gue negative space penting banget dan lo bisa taruh buat wording atau buat harga.”



Jadi buat lo yang sedang merintis untuk mulai menggeluti dunia tata rias makanan ini, pasti tips dari Emilia Nico di atas bisa jadi inspirasi lo untuk terus mendalami food styling. Untuk lebih jelasnya nonton MLDSPOT TV untuk tips dari Emilia Nico di sini.



Comments

Perhatikan komposisi penataan makanan
keren banget