Trending
Jumat, 10 September 2021

Ngobrol Bareng Dua Inspirator di Dunia Motor, Eddi Brokoli dan Omar Annas

  • Share

Lebih dari sekedar hobi dan alat transportasi, motor sekarang jadi gaya hidup yang gak bisa dilepaskan dari dua sosok ini. MLDSPOT TV kali ini berhasil mengikuti keseharian dari Eddi Brokoli dan Omar Annas, dua nama yang tentunya sudah gak asing di telinga para penggemar motor, bahkan bisa dibilang keduanya telah hidup dari hobi motoran tersebut.

 

Janjian dengan Omar Annas di bengkel motor custom langganannya, Saikin Garage, Andri Mashadi ngobrolin banyak hal seputar motor yang kini mampu membawa kedamaian untuk dirinya. Di sini biasanya Omar merawat motornya, biasanya juga untuk mengecek motor sebelum dan sepulang touring. 

 

Kalo gue inget-inget waktu kecil gue suka banget nonton Tintin The Adventure, banyak adegan dia ngejar penjahat pake motor. Mungkin sejak itu gue bisa nangkep dan suka dengan the ideas of freedom-nya. Kalo sekarang jadinya motor bisa jadi media untuk mencari ketenangan ketika gue keluar touring kena angin, lo bisa pergi kapan aja ayok dan motor lo selalu siap.

 

Selain bergelut di dunia motor, Omar Annas juga cukup aktif di dunia penyutradaraan, dia bahkan pernah menggarap musik video untuk salah satu single milik Mondo Gascaro berjudul “A Deacon’s Summer”. 

 

Ketika ditanya kenapa dia memilih motor custom, Omar menjawab “Karena very personalized sih, jadi motor custom lo ya lo doang yang punya. Jadi tiap gue keluar kota orang gampang notice sama motor gue.” jelas Omar yang motor bernama Chopperland miliknya dibeli oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu.

 

Ketika digali lebih dalam lagi soal kedamaian yang didapat dari hobi motor, Omar pun terus melanjutkan penjelasannya. “Sebagai orang yang hidup di kota metropolitan, gue ngerasa semuanya terlalu teratur. Apalagi buat orang yang kerja jam kantor 9-5. Dengan lo bermotor lo keluar dari zona itu dan lo bisa melihat masalah di sekitar lo dari sudut pandang lain.

 

Gue pribadi sih ngejalanin ini karena gue pengen tulus belajar, sama menjalin silaturahmi yang di masa sekarang ini banyak terputus. Yang biasanya ketemu temen-temen luar kota di acara-acara motor, banyak yang hilang.

 

Andri melanjutkan perjalanannya, kali ini dia ngobrol banyak soal motor dengan Eddi Brokoli. Salah satu punggawa band Harapan Jaya yang juga salah satu figur di dunia motor, kini gak lagi menjadikan motor sebagai gaya, tapi juga gaya hidup.

 

Gue inget banget momen pertamanya pas SMA kelas 2 dibeliin motor, gue memilih Vespa tahun 1984, sementara orang beli motor dengan tahun baru. Dengan bermotor juga gue bisa menunjang hobi gue untuk eksplorasi keindahan alam. Dengan motor gue lebih bisa menjangkau area-area yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda 4, lebih fleksibel, dan mobilitas lo bisa ke area apapun. Paling males gue kalo riding kelamaan di dalem kota dan keburu capek pas sampai luar kota, jadi gue sering riding lebih pagi.

 

Ketika ditanya ingin dikenal sebagai pemotor seperti apa, setelah sudah lebih dari 20 tahun bermotor, Eddi punya jawabannya sendiri. “Pemotor yang santun sih, pemotor yang tau caranya berlalu lintas. Karena kalau kita mau dihargai oleh pengguna jalan lain, kita harus menghargai juga pengguna jalan yang lain.

 

Motor banyak mengubah hidup gue sih. Sekarang gue jadi brand ambassador salah satu produk outdoor besar di Indonesia. Ada event-event motor juga yang selalu mengundang gue untuk event besar. Ada juga bareng temen-temen public figure, Motor Baik, walaupun tujuannya sosial, selalu ada sponsor juga sih untuk menghidupi para pemotor nya. Jadi kalau ditanya seberapa besar ya impas sih, pemasukan lumayan tapi keluar biaya buat motor juga besar.

 

Eddi juga mengaku gak pernah merasa bosan riding, karena selalu menawarkan pengalaman yang berbeda-beda. “Setiap gue riding ga selalu temennya sama, motor belum tentu sama, dan cuaca juga selalu beda. Jadi dari ketiga aspek tersebut juga pengalamannya juga sudah berbeda.

 

Eddi juga memberi tips untuk keselamatan yang harus diperhatikan ketika riding. “Yang penting harus dicek adalah kondisi sepeda motor. Paling penting adalah cek ban, cek oli, dan lampu-lampu. Kalau di badan kita yang terpenting adalah helm. Helm ga harus mahal, tapi yang terpenting adalah standar keamanannya, dan jangan lupa dipasang dengan benar. Itu sih yang terpenting.

 

Buat teman-teman yang baru mau mulai riding, entah jarak pendek atau jarak jauh, gue cuma mau ngasih tau kalau Indonesia terlalu indah untuk tidak dinikmati keindahannya. Apalagi sekarang infrastruktur semakin baik. Gak usah mikir yang jauh-jauh dulu, sesuaikan dengan saku. Kalau ada kemauan mau jenis motor apapun, lo tinggal pilih rute-nya aja. Jadi buat kalian yang masih pada muda, mending mulai riding dari sekarang.

 

Yang namanya kebaikan selalu bisa tersalurkan dengan melakukan apa yang lo cintai. Buat seorang Eddi Brokoli touring bukan sekedar jalan-jalan, namun perjalanan yang banyak guna, naik motor telah membawanya lebih dekat ke alam dan sesama manusia. 

 

Jadi, kapan lo mau mulai motoran?

 

Nonton versi lengkap keseruan obrolan Andri Mashadi dengan Ommar Annas dan Eddi brokoli di MLDSPOT TV di sini

Comments

udah ga kuat jalan jauh... pinggang pada patah yang ada.... hahahahaaaa
Bisa jadi inspirasi neh...