IDRF, Komunitas Balap Drone yang Penuh Tantangan

Friday, September 28, 2018 - 16:56

Urbaners, mengoleksi drone sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Nggak heran jika bermunculan komunitas pencinta drone di masyarakat urban, misalnya Jakarta. Salah satu komunitas pencinta drone yang terkenal unik dan penuh inspirasi adalah Indonesia Drone Racing Federation (IDRF).

Komunitas ini merupakan kumpulan pencinta drone, yang gemar mengendalikan drone agar melaju kencang dan melewati berbagai rintangan alias racing. Selain hobi, terbentuknya IDRF juga punya tujuan lain.

Pertama, sebagai wadah bermain drone yang profesional dan mengedepankan safety. Mulai dari jarak, Pemasangan baterai, dan penggunaan jaring. Kedua, untuk menciptakan bibit-bibit unggul pemain drone racing di Indonesia.

IDRF

Untuk bermain drone racing, biasanya anggota komunitas ini menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) Googles. Teknologi itu digunakan sebagai monitor sehingga pilotnya merasakan sensasi nyata saat mengarahkan drone-nya.

Ada tiga tipe drone yang biasa dipakai untuk racing oleh komunitas IDRF ini, yaitu Brushed (tipe paling kecil), Micro Brushless (kecil tetapi speed-nya lebih kencang), dan Mini FPV (untuk yang paling profesional).

Urbaners, ternyata bermain drone itu bisa melatih otak kanan dan kiri. Sehingga seseorang bisa menjadi lebih multitasking dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau Urbaners tertarik bergabung dengan komunitas ini, lo harus menyiapkan budget yang nggak sedikit. Karena untuk drone-nya sendiri dijual sekitar Rp 8-10 juta, googles Rp 6 jutaan, dan remote Rp 2 juta.

Selain beberapa kegiatan di dalam negeri, komunitas ini juga pernah mengikuti berbagai kejuaraan di Jepang, Malaysia, dan Korea Selatan. Semakin tertarik untuk bergabung? Boleh saja, mengingat balap drone sudah masuk ke dalam cabang olahraga PON 2020 loh.

Bagikan
Facebook Twitter Email