ieSPA, Asosiasi eSports Indonesia yang Kehadirannya Bikin Atlet eSports Bahagia!

Wednesday, June 12, 2019 - 15:02

Selain cabang olahraga fisik seperti sepak bola, futsal, bola basket, bulu tangkis hingga olahraga lain yang membuat atletnya berkeringat, Urbaners juga harus tahu kalau ada cabang olahraga di mana atletnya duduk di depan PC atau smartphone sambil main game dan mempersiapkan strategi untuk merebut kemenangan. Cabang olahraga ini disebut dengan eSports!

Pada perhelatan Asian Games 2018, eSports sudah menjadi cabang olahraga bergengsi yang ditonton oleh banyak anak muda. Game seperti Arena of Valor, Clash Royale, Pro Evolution Soccer 2018, hingga League of Legends pun dikompetisikan. Berbagai atlet dari setiap negara di Asia Tenggara dikirim untuk membanggakan negaranya di kancah internasional.

Berangkat dari perkembangan eSports dan antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat-amat tinggi, akhirnya beberapa komunitas gaming dari berbagai kalangan, seperti provider game, forum game, sampai beberapa klan gaming di Indonesia mendirikan Indonesia e-Sports Association alias ieSPA pada 2013! Pasalnya, negara-negara seperti Swedia, Taiwan, Korea, China, hingga Singapura saja sudah memiliki asosiasi eSports, masa Indonesia tidak?

Buat Urbaners yang kepo, ieSPA awalnya didirikan oleh Eddy Lim, Prananda Isviansyah, Erwin, hingga Richard Permana.

Tentu saja, keberadaan ieSPA sangat diidam-idamkan oleh para gamer yang memiliki mimpi untuk bisa menjadi atlet eSports profesional yang membanggakan negaranya di kompetisi bergengsi dunia. ieSPA sudah menetapkan visi dan misi yang pastinya bisa membahagiakan komunitas gamer di Tanah Air.

Di bawah kepemimpinan Eddy Lim, ieSPA berhasil masuk dan menjadi anggota resmi International eSports Federation (IESF), Asia Sports Federation (AESF), Komite Olimpiade Indonesia, sampai Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Hal ini semakin memantapkan posisi eSports agar terus diperhatikan oleh pemerintah Indonesia, Urbaners!

Banyak hal yang patut diapreasi dari ieSPA, pertama, mereka ingin menciptakan semangat berkompetisi yang sehat bagi warga negara Indonesia melalui bidang eSports. Kedua, ieSPA ingin menciptakan hubungan yang kuat dan saling menguntungkan antar pemangku kepentingan di bidang eSports.

ieSPA, Asosiasi eSports Indonesia yang Kehadirannya Bikin Atlet eSports Bahagia!

Selain itu, ieSPA juga mendukung tumbuh kembangnya komunitas dan industri eSports Indonesia. Lebih dari itu, ieSPA juga aktif berpartisipasi dalam pengembangan eSports di dunia. Keren banget, kan?

Kalau kalian mengaku sebagai gamer sejati yang bercita-cita ingin jadi atlet profesional eSports, kalian wajib kepoin situs resmi mereka (http://www.iespa.or.id/). Tim MLDSPOT juga sudah berbincang panjang dengan Pak Eddy Lim, kalau mau nonton keseruan MLDSPOT ngobrol sama ketua ieSPA, langsung simak di channel YouTube MLDSPOT TV!

Bagikan
Facebook Twitter Email