Indonesia’s Sketchers, Wadah Berekspresi Tanpa Imajinasi Tinggi

Saturday, May 26, 2018 - 11:23

Ada banyak cara untuk mengekspresikan diri dalam seni, Urbaners. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Indonesia’s Sketchers. Kelompok atau komunitas yang didirikan sebagai wadah berbagi cerita atau pengalaman melalui karya sketsa langsung.

Indonesia’s Sketchers sudah ada sejak 2009 dan kini telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Ketika mengabadikan bermacam-macam objek, komunitas ini lebih menekankan ke sketching keadaan sehari-sehari, seperti menunggu bus atau di dalam kendaraan.

Anggota komunitas biasanya menggambar secara langsung, tanpa melalui banyak proses berpikir. Itulah yang membedakan sketsa dengan lukisan atau seni rupa lainnya.

Kalau lukisan, karya tersebut sudah direncanakan, memiliki plot, juga harus punya rasa dan imajinasi yang tinggi. Sedangkan untuk sketching lebih simpel. Sang kreator hanya datang, melihat, mengamati, kemudian menggambar apa adanya. Tidak harus mirip atau sempurna, yang penting mereka menangkap apa yang dilihat, lalu mengekspresikannya.

Dengan konsep itu, komunitas Indonesia’s Sketchers mampu menarik minat banyak masyarakat Indonesia. Baik itu di Yogyakarta, Bandung, Makassar, hingga Manado.

Oiya Urbaners, Indonesia’s Sketchers juga pernah  Komunitas ini dipersilakan mengabadikan semua gedung-gedung yang dibangun dalam kurun waktu 200 tahun terakhir. Selain itu, Indonesia’s Sketchers pernah mengikuti pameran di Le Meridien Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta, dan sejumlah lokasi lainnya.

Bagikan
Facebook Twitter Email