Rio Sidik: Musisi Internasional Bernasionalisme Tinggi

Wednesday, June 29, 2016 - 16:38

Kalau beribicara tentang alat musik terompet, pastinya kenal dengan Rio Sidik, yap, salah satu musisi papan atas Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi kepiawaiannya bermain terompet. Bakat Rio Sidik telah diasah sejak ia masih duduk dibangku SD, bahkan saat berumur 13 tahun ia sudah mulai mengisi acara reguler dengan para musisi profesional. Benar kata pepatah "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", begitulah yang dapat mengibaratkan Rio Sidik, bakatnya yang luar biasa memang didapatkan dari keluarganya, terutama dari Ibu dan Kakeknya yang memang juga seorang musisi.

Meskipun bakatnya sudah terlihat sejak kecil, bukan berarti Rio Sidik besar kepala, bahkan menurut Rio Sidik selain itu semua, hal yang paling penting dalam berkarya adalah latihan. Karena hal tersebut merupakan kunci sukses paling utama. Rio Sidik mengaku sangat membenci orang yang malas, meskipun ia memiliki bakat yang terpendam, tidak akan maksimal jika tidak diimbangi oleh berlatih. "Musisi dibayar saat latihan, kalau dipanggung sudah momen bersenang-senang", itulah yang selalu ditekankan Rio. Dan ia juga berpendapat bahwa apa yang dilakukan dengan hati dan bersungguh-sungguh, maka hasilnya juga akan maksimal. Terbukti, kalau lo pernah melihat aksi panggung Rio Sidik, lo akan langsung terhipnotis dengan skillnya sekaligus spiritnya.

Bagikan

Facebook Twitter Email

Perjalanan Rio Sidik dalam bermusik patut diacungi jempol, Urbaners. Berbagai belahan dunia pernah dijelajahinya untuk bermusik, mulai dari negara-negara Asia, Eropa, bahkan Afrika! Rio Sidik juga sharing tentang pengalamannya mengadakan tur di Afrika yang sangat berkesan. Disana ia melakukan kolaborasi dengan musisi lokal dan juga alat musik tradisional Afrika. Ia merasa sangat senang, bisa berkesempatan bermain ditempat kelahiran musik soul dan jazz! Saat itu, Rio Sidik adalah orang Indonesia pertama yang mengadakan turnya di Afrika. Wow! Faktor lain keberhasilannya adalah keterbukaan Rio Sidik pada semua orang. Karena dengan terbuka, akan selalu ada pengetahuan baru yang didapatkan, dan tentunya juga kesempatan baru.

Rio Sidik sering banget ditawarin untuk tinggal di luar negeri dan berkarya disana, tetapi semua ditolak olehnya. Kecintaan Rio Sidik akan Indonesia lebih besar daripada egonya. Rio Sidik lebih memilih untuk tinggal di Indonesia, dan mengajarkan keahliannya dengan orang-orang Indonesia. Karena ia melihat banyak sekali musisi berbakat Indonesia yang bisa sepertinya atau bahkan lebih, tinggal bagaimana niat dan tekadnya saja.

Meskipun Rio Sidik sering disebut-sebut sebagai musisi Jazz, tapi ia mengaku tidak mau untuk di beri 'label' seperti itu. Rio Sidik lebih memilih untuk dipanggil hanya sebagai musisi Indonesia. "Because i love world music", ujar Rio Sidik. Ia menyukai semua jenis musik mulai dari pop, rock sampai trance. Dan Rio Sidik juga sering melakukan kolaborasi dengan DJ. Nggak nyambung? Tidak untuk Rio Sidik. Dua jenis musik yang berbeda dapat ia fushion menjadi musik yang sangat menarik! So, yang menganggap terompet adalah alat musik jazz, salah banget!