M Bloc Space: Ruang Kreatif Penuh Nostalgia di Tengah Semangat Berkarya

Monday, December 2, 2019 - 16:04

Tahun 2019 bisa dibilang telah membawa angin segar untuk industri kreatif di Tanah Air. Gimana nggak, Urbaners? Ruang kreatif terus bermunculan dengan beragam konsep dan keunikannya. Ruang kreatif hadir sebagai wadah untuk mencari inspirasi sambil berkolaborasi sekaligus tempat untuk sekadar berkumpul dan memperluas jaringan sosial.

Di akhir bulan September yang lalu misalnya, ada satu tempat baru di kawasan Blok M yang inspiratif banget. Tempatnya bernama M Bloc Space. Again, selain asyik buat dijadiin tongkrongan, M Bloc Space menyediakan tempat all-in-one untuk kegiatan seni dan budaya terkini. Lo yang senang nonton event musik, berburu produk kreatif lokal, atau sekadar santai menikmati kuliner lezat bisa datang ke sini.

Terciptanya M Bloc Space merupakan hasil kerja sama antara Perum Peruri dan PT Ruang Riang Milenial. Proyek M Bloc Space menyulap lahan seluas 6.500 meter persegi milik Peruri yang awalnya merupakan komplek perumahan karyawan dan gudang produksi uang yang sudah nggak beroperasi menjadi sebuah ruang lintas bidang bagi individu dan komunitas milenial. “Para milenial khususnya, membutuhkan ruang interaksi kolaboratif untuk berkreasi dan eksis bersama,” ujar Direktur Utama PT Ruang Riang Milenial, Handoko Hendroyono.

Setelah melalui proses renovasi fisik selama kurang lebih empat bulan, komplek M Bloc Space akhirnya resmi menaungi sejumlah restoran dan kios produk lokal, venue musik M Bloc Live House, serta area outdoor untuk bersantai. M Bloc Space pun basically memang dirancang untuk menjadi pusat dari 16 jenis sektor industri kreatif di Indonesia, termasuk musik, film, animasi, komik, crafting, dan kuliner.

 

Creative Hub Multifungsi yang Bangkitkan Kenangan

Selain dibangun atas tawaran kerja sama dengan Peruri, hadirnya M Bloc Space secara khusus juga ingin menghidupkan kembali kawasan Blok M-Melawai yang memiliki spirit kreatif dan populer di kalangan anak muda era 1970 dan 1980-an. Pada masanya tersebut, kawasan Blok M-Melawai menjadi identitas perkembangan musik dan seni, tempat kumpul lintas bidang dan skena, serta pusat pop culture. Dengan kata lain, M Bloc Space merevitalisasi gedung tua menjadi tempat yang relevan bagi anak muda, dengan menerapkan konsep adaptive and reuse.

Saat ini, tenant yang sudah mulai beroperasi di M Bloc Space antara lain Tokyo Skip Jack, Kedai Tjikini, Titik Temu Coffee, Kebun Ide Gelato, Suwe Ora Jamu, Mbok Ndoro, Kedai Katong, Rumah Lestari, Unionwell, Mata Lokal, Demajors, dan Connectoon. Nggak ketinggalan, ada pula Oeang, sebuah restoran dan roastery yang menempati ruang bekas dua unit gudang produksi uang berukuran sekitar 900 meter persegi di sebelah M Bloc Live House. Penamaan Oeang memang sengaja mengikuti sejarang gedung Peruri, dengan desain arsitekturnya masih mengadaptasi bentuk lama.

Lanjut ke M Bloc Live House, venue musik ini sengaja dirancang untuk gigs dengan atmosfer yang akrab dan intim. Itulah kenapa fasilitasnya hanya mencakup maksimal 350 orang dan penjualan tiketnya seperti di bioskop. Tapi, lo nggak usah takut akan nggak kebagian atau malah kehabisan hiburan. Soalnya, jadwal gigs-nya sampai lima hari dalam seminggu dan siap menampilkan banyak musisi dari seluruh Indonesia, mulai dari yang lama maupun baru sampai yang individu maupun kolaborasi.

Terlepas dari itu, M Bloc Live House sebenarnya juga bisa banget dimanfaatkan untuk event selain musik. Berhubung event musik biasanya di malam hari, pelaku seni lain bisa menyewa M Bloc Live House di pagi dan siang hari. Contohnya saja untuk event fashion show dan pameran foto.

Gitu doang? Oh jelas nggak dong, Urbaners. Selain nongkrong, kulineran, dan nonton event musik, lo bisa melipir ke beberapa tenant yang punya program workshop makers, fashion pria, animasi, pemutaran dan diskusi film, serta diskusi buku dan seni. Atau buat lo yang lagi bosan dengan suasana kantor dan rumah, lo bisa kerja nomad di coworking space-nya. Ya minimal lo bisa foto-foto buat update medsos di area outdoor-nya yang dihiasi mural. Seru kan?

Terletak di daerah strategis, M Bloc Space cenderung mudah dijangkau. Meski begitu, sebaiknya lo datang ke sana naik ojek online atau transportasi umum seperti bus Transjakarta dan kereta MRT, soalnya pihak pengelola nggak menyediakan lahan parkir khusus. Di sisi lain, M Bloc Space ingin mengajak orang-orang untuk kembali mengapresiasi budaya jalan kaki. Kalaupun lo sudah terlanjur bawa kendaraan pribadi, lo bisa menggunakan jasa petugas valet yang stand by di sana.

Yuk, langsung ke M Bloc Space, Urbaners. Ulasan selengkapnya bisa lo tonton di MLDSPOT TV Season 5 episode 2 dengan tema “Creative Spaces for Everyone” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Let’s subscribe, and get yourself inspired!

Bagikan
Facebook Twitter Email