Sekarang Lo Nggak Usah Beli Barang Lagi, Minjem Aja Jadi Di Cumi.id

Tuesday, April 16, 2019 - 17:20

Pernah nggak sih memerlukan banget suatu barang tapi sayang kalau beli karena gak akan dipakai lagi? Yang paling sering sih, punya barang-barang nggak kepake di rumah tapi bingung mau dibuat apa? Nah, sekarang Urbaners udah nggak perlu bingung lagi, karena ada nih satu startup baru yang memberikan jasa sewa menyewa barang, Cumi.id.

Cumi atau “Cuma Minjem” adalah sebuah platform rental marketplace, dimana kita bisa mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan untuk disewa, dan kita juga bisa menyewakan barang kita di sana. Cumi.id memiliki tagline “Kalau bisa pinjam, kenapa harus beli?,”. Founder dari Cumi.id adalah Christian Sugiono, Pandu Wirawan, Yazid Faizin dan Fariz Tadjoedin, mereka adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia bisnis dan mempunyai perusahaan di startup sebelumnya.

Perkembangan perilaku konsumen terhadap penggunaan sebuah barang saat ini, Tian melihat kondisinya mengarah kepada sistem sharing economy yang kemudian diadaptasi ke Cumi.id. Saat ini sedang mulai berjalan atau dikenal oleh konsumen, banyak barang-barang atau servis-servis tertentu yang menggunakan sistem sharing economy tersebut. Banyak juga barang yang sebenarnya orang butuh hanya untuk sementara saja, dan secara cost akan jauh lebih tinggi apabila memiliki barang itu untuk kebutuhan sesaat saja, jadi lebih baik barang itu dipinjam saja.Contohnya adalah “Orang sebenarnya beli bor bukan karena ingin beli, tapi karena butuh untuk membuat lubang di tembok saja. Kebutuhan orang untuk membuat lubang di tembok itu bersifat sesaat, tidak berkelanjutan. Sama seperti penggunaan koper, orang butuh ketika ingin bepergian jauh saja.” ujar Christian saat menjelaskan soal perilaku konsumen pada sistem sharing economy.

 

Menurut Tian, sistem sharing economy ini dirasa efektif untuk konsumen atau masyarakat Indonesia. Karena mereka sangat adaptif dengan perkembangan teknologi/aplikasi yang bisa membuat hidupnya jadi lebih mudah. Selain itu, Cumi.id juga bisa mendatangkan income tambahan untuk orang-orang yang mempunyai barang di rumahnya yang bisa disewakan di platform ini sebagai merchant.

Barang-barang yang disewakan di Cumi.id terdiri dari berbagai kategori, seperti: otomotif, peralatan bayi, peralatan foto, travel gear, baju-baju, peralatan sports, outdoor dan masih banyak lainnya. Syarat untuk bisa menyewa barang di Cumi.id, user hanya butuh registrasi dan mendapatkan verifikasi, yaitu

dengan cara verifikasi nomor handphone, KTP dan rekening bank. Saat ini Cumi.id sudah available di Android, bisa di-download di Google Playstore. Tahun ini akan dirilis versi iOS.

Bagikan
Facebook Twitter Email