Indro Hardjodikoro Berbicara Bagaimana Menjadi Bass Player yang Handal

Monday, November 6, 2017 - 16:02

Siapa yang nggak kenal Indro Hardjodikoro, seorang instruktur musik di Institut Musik Indonesia, anggota Tohpati Bertiga dan juga juri MLDARE2PERFORM Season 3. Jika berbicara musik jazz di Indonesia kini kian berkembang terlihat festival jazz yang ada setiap bulannya dan band-band jazz yang kini mulai bermunculan. Begitu juga dengan pemain bass, Indro Hardjodikoro mengakui, perkembangan bass player di Indonesia bahkan di dunia sangat berkembang pesat 5-10 tahun belakangan daripada instrumen lain. Sekolah musik yang kian banyak, serta penjurusan kuliah yang tidak hanya untuk musik klasik juga mempengaruhi perkebangan tersebut.

Pada MLDSPOT Instaclass - Bass Clinic with Indro Hardjodikoro lalu, ia juga mengutarakan bass merupakan alat musik basic, yang harus menjadi pondasi dalam musik itu sendiri. Terdapat beberapa hal penting yang harus ada pada setiap bass player, seperti metronom, artinya ia harus memiliki tempo yang bagus dan nyaman untuk instrumen lainnya, lalu rhythm section yang harus memiliki banyak referensi, tepatnya tau setiap genre musik entah itu jazz, pop, sampai dangdut sekalipun. Dan yang ketiga, basic harmony, hal ini sering dilewatkan oleh kebanyakan bass player, karena kebanyakan hanya memainkan harmony saja. Dengan menguasai basic harmony tersebut, artinya dapat mengiringi musik apapun nantinya.

Indro Hardjodikoro juga mengutarakan sangat senang menjadi pembicara di MLDSPOT Instaclass - Bass Clinic kemarin, karena ia mengakui sudah lama ingin mengadakan workshop seperti ini, meskipun ia telah mengajar instrumen bass lebih dari 20 tahun, tetapi ia masih optimis terhadap musisi dari daerah-daerah lain (selain kota besar) yang memiliki musikalitas dan skill bass yang luar biasa, sementara tidak banyak kesempatan untuk mereka mendapatkan pengajaran yang proper. Nah, buat lo yang mungkin kelewatan workshop ini, ada beberapa tips penting dari Indro Hardjodikoro yang pastinya bermanfaat untuk karir bermusik lo, Urbaners!

Bagikan
Facebook Twitter Email