Trending
Senin, 07 Desember 2015

Mengelabui Diri Agar Cepat Tidur

  • Share
  • fb-share
Mengelabui Diri Agar Cepat Tidur

Apakah lo termasuk orang yang mengalami sulit tidur? Kalau iya, mungkin lo harus cobain beberapa cara di bawah ini agar bisa kembali mendapatkan kenikmatan beristirahat yang seutuhnya di malam hari.

Mungkin lo semua tahu kalau minum susu dan mandi air hangat setelah pulang beraktivitas dipercaya bisa membuat tubuh kita terasa lebih santai, dan setelahnya akan merasa ngantuk, lalu tertidur. Tapi faktanya, banyak dari kita masih belum bisa tertidur setelah melakukan serangkaian “ritual” tersebut.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa lo lakukan supaya lo bisa cepat merasa ngantuk di malam hari, yaitu dengan cara “mengelabui diri sendiri”. Berikut ini beberapa trik mengelabui diri sendiri yang bisa lo lakukan:

 

1. Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri

Metode yoga ini dipercaya mampu mengurangi tekanan darah dan menenangkan diri lo. Seorang terapis, Peter Smith mengatakan: "Berbaringlah ke sisi sebelah kiri, lalu taruh jemari pada lubang hidung sebelah kanan untuk menutupnya sesekali. Dimulai dari lambat, sambil bernapas dalam dengan lubang hidung sebelah kiri."

 

2. Meremas jari kaki

Otot-otoy yang santai dapat mempersiapkan tubuh lo untuk segera tertidur. Ahli kecemasan Charles Linden mengatakan, salah satu cara yang ampuh untuk membantu mempercepat otot-otot di tubuh lo menjadi santai yaitu dengan "Berbaring telentang, mengambil napas dalam secara lambat melalui hidung, dan pada saat yang sama, meremas jari-jari kaki dengan erat seolah-olah Anda sedang mencoba untuk meringkukkan mereka di bawah kaki Anda, kemudian lepaskan remasan." Ketika melakukan itu, pastikan pernapasan lo stabil dan lo harus merasa siap untuk tidur, agar efeknya segera terasa.

 

3. Cobalah untuk tetap terjaga

Tantang diri lo untuk tetap terjaga—pikiran lo seolah memberontak, dan menolak untuk tertidur! Inilah yang disebut paradoks tidur, ujar psikoterapis Julie Hirst. Dia menjelaskan: "Buatlah mata Anda terbuka lebar, dan katakan dalam diri sendiri ‘Aku tidak akan tidur'. Dengan begitu otak Anda tidak akan memproses baik sugesti negatif tersebut, sehingga tubuh Anda akan menafsirkan sebaliknya, yaitu menganggap apa yang terjadi semacam instruksi untuk tertidur, dan otot mata akan menjadi cepat lelah seketika karena rasa ngantuk dengan cepat akan merayap naik."

Nah itulah beberapa trik “mengelabui diri sendiri” agar bisa cepat tidur. Silakan coba cara ini di rumah untuk segera merasakan keberhasilannya!

 

Source : healgrowtransform.com  , bellebeirut.com , huffpost.com

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Meremas jari kaki
Asep hidayatulah
Artikelnya bagus