Ronald Steven: Kompromi adalah Kunci Survive Di Dunia Musik

December 15, 2016

Setelah mendengarkan sharing session dari Aldo Sianturi tentang perkembangan industri musik dan digital media, para finalis juga berkesempatan untuk belajar bagaimana mengaransemen musik pertunjukkan dari Ronald Steven yang merupakan music director dan seorang session player.

Ia pun memiliki julukannya sendiri yakni "Bassist spesialis pengganti", awalnya Ronald Steven merasa keberatan dengan julukan itu, karena seperti seseorang yang tidak terlalu diharapkan. Tetapi pandangan miringnya tersebut telah berubah, malah justru ia mengaku banyak sekali belajar saat menjadi session player.

Ronald Steven bercerita kepada para finalis bahwa dengan menjadi session player, banyak banget pelajaran yang dapat dipetik, seperti time management dan juga mengenal ritme musik para musisi. Karena basic nya tidak mengikat, sehingga dapat bermain musik dengan banyak musisi yang berbeda, dan juga dapat belajar disiplin saat bermusik dan tentunya menghargai musisi lain saat bermain bersama.

Memang Ronald Steven mengaku butuh waktu untuk menyesuaikan ritme dengan para penyanyi, karena mereka punya cara dan kebiasaan yang berbeda-beda di setiap penampilannya. Saat itulah, kompromi merupakan hal yang paling penting dalam bermusik, untuk menciptakan harmonisasi sehingga menciptakan vibe baru yang kompak saat di panggung.

Steven menekankan bahwa itulah kunci survive dalam dunia musik. Karena sehebat apapun lo, jika lo nggak bisa berkompromi dan berkomunikasi dengan baik pada musisi lainnya, skill lo hanya sebatas kepuasan diri sendiri saja, Urbaners. Dan untuk seorang session player, hal tersebut tentunya akan berakibat buruk untuk karirnya.

Selain menjadi seorang session player, Ronald Steven adalah seorang music director ternama, banyak banget musisi papan atas yang sudah di handle olehnya. Ia sharing jika ingin menjadi music director, lo bukan hanya menjadi seorang musisi tetapi juga leader untuk tim tersebut, sehingga "penglihatan" lo akan musik tersebut harus lah lebih jauh. Lo harus memperhatikan setiap bagian dari musik tersebut, agar tercipta harmonisasi dari setiap player.

Goal nya seorang music director yakni adanya identitas, saat pendengar musik tersebut berkomentar "Wah, ini musiknya Ronald Steven banget" disitulah keberhasil music director. Karena dengan kata lain, lo sukses mendeliver apa yang menjadi pesan dan bagaimana cara lo mempresentasikan sebuah musik. Ronald Steven sendiri memiliki ciri khas "No Template" yakni aransemen yang dibuat selalu berbeda dari yang lainnya. Saat mengaransemen Steven selalu memulainya dari 0 untuk menghindari keseragaman.

Meskipun kiprahnya di dunia musik sudah tidak diragukan lagi, tetapi Steven mengaku bahwa ia selalu deg-degan setiap manggung. Rasa nervous selalu ada, tetapi ia menikmatinya, karena hal tersebut menandakan keseriusannya di atas panggung.

SHARE

Facebook Twitter Google+

Other Buzz