Trending
Jumat, 18 November 2016

Booming-nya Popularitas Bomber Jacket

  • Share
  • fb-share
Booming-nya Popularitas Bomber Jacket

Di tengah ramainya pemberitaan tentang demonstrasi besar-besaran pada tanggal 4 November 2016 lalu, masyarakat Indonesia sempat ribut dengan munculnya Jokowi untuk memberikan pidato. Lucunya, bukan isi pidato yang membuat masyarakat ribut, melainkan bomber jacket yang dikenakan presiden kita itu. Padahal, bomber jacket sudah cukup lama populer bahkan sebelum Jokowi terlihat mengenakannya. Kenapa bisa begitu ya, Urbaners?

 

Berawal dari Perang Dunia I

Siapa yang bakal menyangka kalau Perang Dunia I bisa menghasilkan bomber jacket yang kini menjadi salah satu fashion item fenomenal? Saat itu, sebagian besar pesawat tidak memiliki kokpit tertutup sehingga pilot harus mengenakan sesuatu untuk menghangatkan tubuh. Pada tahun 1915, pilot Royal Flying Corps dari Inggris mulai memakai jaket kulit panjang ketika bertugas di Perancis dan Belgia. Sejak saat itulah tren bomber jacket pun dimulai.

 

Kemudahan Berkreasi bagi Desainer

Mengingat eksistensinya sejak lebih dari seratus tahun lalu, bomber jacket bisa dikatakan menjadi fashion item yang cukup timeless. Salah satu keunggulannya terletak pada luasnya “area” memungkinkan para desainer untuk mengeksplornya. Dari yang dulunya hanya berfungsi sebagai penghangat tubuh, kini bomber jacket dikenakan untuk menyampaikan statement tertentu. High-end brand seperti Gucci dan Valentino bahkan ikut merilisnya baru-baru ini.

Namun, salah satu desainer paling berpengaruh dalam meledaknya bomber jacket di pasaran adalah Kim Jones, Direktur Artistik dari produk-produk pakaian pria untuk merek Louis Vuitton. Pada tahun 2012, ia mengeluarkan koleksi musim semi, di mana bomber jacket menjadi bintang dari peragaan tersebut. Melihat sambutan yang positif, sejak saat itu, Jones pun terus melakukan berbagai modifikasi dan inovasi terhadap bomber jacket.

 

Cocok Dipadukan dengan Apapun

Keunggulan lain yang dimiliki oleh bomber jacket adalah kemudahannya untuk dipadukan dengan fashion item lain. Lo bisa langsung mengenakannya begitu aja, menggunakannya sebagai outer, menggabungnya dengan kaus, sweater, kemeja, dan lain sebagainya. Namun, sebaiknya lo mengenakan bomber jacket dengan celana panjang, baik jeans, kain, maupun model cargo. Lengkapi penampilan lo dengan sepatu sneakers kesayangan, and you’re ready to go!

Pantas aja Jokowi juga ikutan mengenakan bomber jacket saat penyampaian pidato beberapa waktu lalu. Modelnya yang timeless dan bisa dikenakan untuk gaya apapun memungkinkan lo untuk mengenakannya di berbagai momen dan situasi. Jangan lupa perhatikan paduan warna agar penampilan lo tetap serasi.

 

 

Sources: Fashionbeans.com, Wadezig.com

Comments
asrul firmansyah
Mantap banget infonya dari dunia fashion khusus ya boomer jacket kini sudah mulai boooming kembali
SRI YAYA ASTUTI
Cocok Dipadukan dengan Apapun