Trending
Senin, 05 Januari 2015

9 Fakta Starbucks

  • Share
  • fb-share
9 Fakta Starbucks

Kini, Starbucks begitu familiar dan mainstream karena hampir di tiap sudut mall ternama pasti terdapat gerai Starbucks. Tapi, kembali ke tahun 1971, Sturbuks hanyalah sebuah kedai kopi kecil yang menjadi tempat untuk melawan rasa kantuk. Frappucinos masih 24 tahun lagi, belum ada yang tahu apa itu Pumpkin Spice Latte, dan bahkan pasar saham sedikitpun belum melirik ke Sturbucks.

Baru empat decade kemudian, banyak yag berubah. Sturbucks kini begitu sangat familiar dimata dunia. Jadi, taka da salahnya kalau lo gw ajak untuk bernostalgia melihat hal-hal unik dari perjalanan Starbucks. Berikut adalah 9 hal unik dari masalalu starbucks:

1. Starbucks didirikan oleh dua guru dan 1 penulis

Starbucks didirikan oleh  Jerry Balwin yang berprofesi sebagai guru bahasa inggris, Zev Siegl seorang guru sejarah, Gordon Bowker seorang peunulis pada tanggal 30 Maret 1971. Ketiganya membuka gerai starbucks kali pertama di Pike Place Market.

 

2. Nama Starbucks Terinspirasi oleh Moby Dick

Nama starbucks ternyata diambil dari nama tokoh dalam novel Moby Dick. Tokoh Starbucks memiliki sifat konservatif dan percaya pada takhayul. Satu-satunya hal yang mendekati tokoh Starbucks seperti dalam novel adalah gambar putri duyung pada logo. Semula logo itu menggambarkan putri duyung bertelanjang dada tapi kemudian diperhalus dengan ditutupi rambut panjangnya yang tergerai.

 

3. Logo Putri Duyung

Logo wanita yang di Starbuck adalah Syren seorang putri duyung legenda dan mitologi Yunani kuno yang memiliki suara merdu. Logo pertama banyak mendapat kritik, karena menggambarkan Syren yang telanjang dada, kemudian diubah dengan menurunkan rambut Syren sehingga menutupinya dan terdapat simbol mercury yang cepat dalam melayani pelanggan, dan sekarang logo yang digunakan hanyalah penyempurnaan.

 

4. Istilah yang berarti

Di Starbucks, mereka banyak menggunakan istilah-istilah unik. Istilah untuk ukuran misalnya, mereka tidak mengenal small, medium, atau large. Kebanyakan yang ada menggunakan istilah dari Italia, seperti Venti. Dalam Bahasa Italia, ‘Venti’ artinya ‘dua puluh’. Ukuran ini menampung 20 ons atau 590 mL minuman dan jadi ukuran yang paling besar di kebanyakan gerai Starbucks.

 

5. The Pumpkin Spice Latte ditemukan oleh seorang pemain basket Stanford

Lo dapat berterima kasih kepada Peter Dukes atas sensasi minuman di Starbucks. Pria ini, pertama kali bergabung dengan Starbucks di tahun 2001 setelah lulus dari Stanford dengan gelar MBA. Ketika masih kuliah, ia masuk tim basket Stanford.

 

6. Paul McCartney Gabung Label Musik Milik Starbucks

Bisnis Starbucks di dunia label music mencuat dengan perkasa. Terbukti, dalam rilis pertamanya, ia mampu menggandeng Penyanyi dan penulis lagu legendaris The Beatles Paul McCartney. Pada tahun 2007, Sir Paul merilis albumnya pada Hear Music yang didirikan oleh perusahaan kopi raksasa Starbucks.

 

7. Memiliki Menu Rahasia

Banyak pengusaha makanan di Amerika menggunakan menu rahasia, seperti In-n-Out Burger, Jamba Juice, Chipotle (untuk beberapa nama). Starbucks juga menambah sektor ini dengan menu kopi yang spesial termasuk Cotton Candy Frappuchino (dengan rasa permen kapas) dan Chocolate Pumpin Latte.

 

8. Saham, dari $ 17 menjadi $ 80

Ketika Starbucks kali pertama go public pada tahun 1992, saham perusahaan itu hanya bernilai 17 dollar perlembar. Tapi kini, saham Starbucks telah mencapai 80 dollar. Jika Lo dulu sempat ikut berinvestasi, pasti sekarang sudah kaya raya.

 

9. Akan Hadirkan Menu Minuman Keras

Starbucks telah mengumumkan, pada musim semi 2015 nanti, mereka akan menghadirkan “Menu Malam” yang lekat dengan bird an anggur. Daerah yang akan menjadi pioneer program ini antara lain Atalanta, Portland, Seattle, Los Angeles dan Chicago.

Baca Juga : Temukan Kedai Kopi Unik dan Terdekat di Daerah Lo

Comments
AHMAD SAFII
Saham, dari $ 17 menjadi $ 80
MEI LIANA SOEKARTI
Logo Putri Duyung