Trending
Rabu, 05 Oktober 2016

4 Jenis Makanan Indonesia yang Aneh Tapi Enak

  • Share
  • fb-share
4 Jenis Makanan Indonesia yang Aneh Tapi Enak

Lauk apa yang biasa lo makan sehari-hari? Pasti nggak jauh-jauh dari telur, tahu, tempe, daging ayam, atau daging sapi. Padahal, kalau berkeliling Indonesia, lo bakal bertemu dengan beragam makanan aneh dari hewan yang mungkin nggak pernah lo pikirkan bakal jadi bahan makanan. Meski begitu, makanan-makanan aneh tersebut justru dianggap memiliki rasa yang enak dan nikmat.

 

Rujak Cingur

Bagi orang Indonesia, khususnya warga Surabaya, rujak cingur sudah menjadi menu yang biasa dikonsumsi. Tapi jika dipikir-pikir lagi, sepertinya hanya di Indonesia lo bisa menemukan mulut atau moncong sapi sebagai komponen utama suatu masakan. Selain itu, rujak cingur juga dilengkapi dengan potongan lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan kancang panjang. Semua bahan tersebut disiram menggunakan racikan bumbu petis udang.

 

Belalang Goreng

Apa yang lo lakukan kalau ada belalang menghampiri lo? Secara refleks, lo pasti bakal berlari menjauh. Tapi, di kawasan Gunung Kidul, belalang justru digoreng untuk dijadikan camilan. Biasanya, penduduk setempat menangkap belalang dengan galah yang telah diberi lem. Setelah dibersihkan hingga nggak ada lagi sayap, kaki, dan kotoran apa pun, belalang direndam dengan racikan bumbu untuk kemudian digoreng hingga renyah. Kabarnya, rasanya gurih banget, Urbaners!

 

Paniki

Apabila berencana untuk traveling ke Manado, jangan lupa untuk mencicipi paniki. Makanan satu ini terbuat dari daging kelelawar pemakan buah yang dimasak dengan kuah santan kelapa dan berbagai rempah. Paniki memiliki rasa pedas dengan aroma yang wangi. Rasanya bakal lebih nikmat lagi kalau lo memakannya bersama nasi putih panas. Selain dimasak santan, paniki juga terkadang disajikan dalam bentuk sate, digoreng, atau diberi bumbu cabe hijau.

 

Keripik Teripang

Teripang adalah hewan laut yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrate) dengan bentuk tubuh seperti mentimun. Masyarakat Madura suka mengolah teripang menjadi keripik. Hewan laut satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, kaya protein, dan rendah lemak. Khasiatnya bahkan mampu mengikat jaringan dalam kulit, memulihkan penyakit sendi, membangun kembali tulang rawan, menghambat proses penuaan, hingga menurunkan kolesterol.

 

Gimana menurut lo, Urbaners? Tertarik untuk mencoba makanan-makanan tersebut? Atau jangan-jangan sudah ada yang pernah lo coba sebelumnya? Share with us!

 

 

Source: Klikhotel.com

Comments
Mursidin
Keren banget
Susiana Saputri
Mantap banget