Trending
Selasa, 01 Desember 2015

Dari Jazz Traffic Festival 2015: Krakatau Reunion Menjadi Pemuncak Hari Pertama

  • Share
  • fb-share
Dari Jazz Traffic Festival 2015: Krakatau Reunion Menjadi Pemuncak Hari Pertama

Jazz Traffic Festival, mungkin jadi festival jazz paling besar di Jawa Timur. Ribuan orang tumpah ruah di Grand City Convention Center di tengah kota Surabaya. Ini laporannya.

Grand City Convention Center adalah sebuah kompleks serba guna yang ukurannya besar. Daya tampungnya bisa ribuan orang. Bayangkan apa jadinya kalau ada tiga panggung megah berdiri. Semuanya diisi musik jazz yang bersuara sejak siang hari sampai tengah malam.

Jazz Traffic Festival adalah festival jazz tahunan yang dimiliki oleh Surabaya. Kota yang selalu dianggap sebagai salah satu barometer penting musik Indonesia ini, punya ruang untuk perkembangan musik jazz. Setiap tahunnya, warga kota dipuaskan oleh festival dua hari ini. Banjir talenta jazz terbaik Indonesia, terjadi di sini.

Di hari pertama, sedari siang ke sore hari, penonton datang berduyun-duyun. Kebanyakan datang dalam kelompok-kelompok kecil. Yang ditunggu di bagian pertama festival ini adalah kembalinya Krakatau Reunion yang bermain lagi di ujung hari.

Selain itu, line up festival hari pertama diisi juga oleh Indra Lesmana & Eva Celia, Bonita and the HUSband, Yura, Barry Likumahuwa – Linkin Park Reworked, Syaharani & the Queenfireworks, Bubu Giri, Yovie n’ Nuno dan sejumlah nama lainnya..

Kepadatan nyaris terjadi di seluruh panggung yang tersedia. Penonton seolah tidak pilih-pilih. Semua penampil mendapat perhatian yang nyaris sama. Mereka, apresiatif. Kalau mau dipilih, kepadatan paling besar ada ketika Indra Lesmana & Eva Celia memainkan set mereka serta Krakatau Reunion yang memang luar biasa.

Indra Lesmana, sang legenda hidup jazz Indonesia, kali ini tampil dalam format baru bernama Indra Lesmana Keytar Trio. Eva Celia, anak terkasihnya ikut tampil di beberapa lagu sepanjang set itu.

Beberapa jam kemudian, ia kembali naik panggung bersama Krakatau Reunion. Band ini, bisa dibilang merupakan salah satu raksasa di scene musik jazz Indonesia. Personilnya semua berstatus dedengkot. Selain Indra Lesmana, Krakatau Reunion juga diperkuat oleh Dwiki Dharmawan, Donny Suhendra, Pra Budi Dharma, Gilang Ramadhan dan penyanyi kharismatik dengan kontrol super hebat, Trie Utami.

Total, mereka memainkan pertunjukan selama 1 jam 45 menit. Lengkap dengan aksi turun ke tengah, mengundang penonton naik ke panggung dan encore. Waktu puluhan tahun yang mereka habiskan untuk berkarir seolah mendapatkan pengesahan dari seluruh orang yang hadir di festival ini.

Mereka, menutup hari pertama Jazz Traffic Festival 2015 dengan sangat baik.

Comments
EKA DWI JAYA
Kepadatan nyaris terjadi di seluruh panggung yang tersedia. Penonton seolah tidak pilih-pilih. Semua penampil mendapat perhatian yang nyaris sama. Mereka, apresiatif. Kalau mau dipilih, kepadatan paling besar ada ketika Indra Lesmana & Eva Celia memainkan set mereka serta Krakatau Reunion yang memang luar biasa.
Muntakhimah
Oke banget..