Trending
Rabu, 16 Desember 2015

Aliran musik Jazz

  • Share
  • fb-share
Aliran musik Jazz

Musik jazz dahulu masih dianggap sebagai musik yang rumit karena jenis instrumen yang kaya dan nada-nadanya yang nggak biasa. Tapi, saat ini justru banyak orang yang kecanduan musik jazz. Nggak hanya dari orang dewasa, anak muda pun juga ikut menggemari musik ini. Ternyata musik jazz ada macam-macam alirannya lho!

 

Ragtime

Musik jazz jenis ini memiliki unsur dentuman beat, vibrant, enthusiastic dan juga extemporaneous. Jazz jenis ragtime lah yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang karena musiknya nggak membosankan.

 

Classic jazz

Jenis classic jazz biasa disebut juga dengan New Orleans style. Disebut demikian karena awalnya jazz hanya dimainkan oleh band bernama sama dan selalu tampil pada acara pesta di akhir tahun 1800-an. Instrumen musik ini dilengkapi dengan klarinet, saxophone, cornet, trombone, banjo, bass, gitar, drum dan piano. Beberapa band sudah berhasil berimprovisasi dengan musik jenis ini sehingga menciptakan suatu karya yang luar biasa.

 

Hot jazz

Jazz jenis ini umumnya dimainkan untuk penyanyi solo dengan struktur melodi yang khas, yaitu hot dan diiringi dengan suatu klimaks yang sangat emosional. Diiringi dengan gitar, banjo, drum, bass untuk mencapai klimaksnya. Salah satu tokoh terkenal yang memainkan jenis jass ini yaitu Louis Armstrong.

 

Chicago style

Musik Chicago Style punya karakteristik yang harmonis, inovatif, dan pemainnya yang selalu menggunakan teknik bermain alat musik tinggi. Tokoh terkenal yang biasa bermain musik jenis ini yaitu Bud Freeman, Benny Goodman, Edie Condon dan Gene Krupa.

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Ahdan Maulana Muhammad
Good information