Trending
Senin, 14 Maret 2016

Namibia, Bermusik Karena Musik Jazz Nggak Ada Matinya

  • Share
  • fb-share
Namibia, Bermusik Karena Musik Jazz Nggak Ada Matinya

Perkembangan musik nggak pernah berhenti. Saat ini, sudah banyak beragam jenis musik baru yang mewarnai dunia. Hebat juga ya, ketika sejumlah nada yang nggak pernah berubah itu ternyata bisa melahirkan jutaan lagu dari berbagai jenis musik? Salah satu jenis musik tertua dan punya perjalanan sejarah yang panjang adalah jazz, Urbaners.

Bisa dibilang, pengaruh musik jazz ini besar banget. Terbukti dari adanya berbagai festival jazz di belahan dunia, termasuk Indonesia. Ada Java Jazz Festival, Jazz Goes to Campus, Kampoeng Jazz, dan masih banyak lagi. Meskipun suka ngundang artis yang nggak jazz-jazz amat atau bukan jazz sama sekali, nama ‘jazz’ seolah punya makna tersendiri.

Sejarahnya

Musik jazz sudah ada sejak akhir abad 19, Urbaners. Tepatnya, berasal dari orang Afrika-Amerika yang bertempat tinggal di New Orleans, Amerika Serikat. Jazz adalah gabungan dari gaya tradisional dan musik populer, beserta improvisasinya sendiri. Selama 100 tahun, jazz susah deh buat didefinisikan. Oh iya Urbaners, sejarah musik jazz juga kental dengan perjuangan orang-orang kulit hitam di Amerika saat itu.

Kok Bisa?

Salah satu tempat lo bisa dengar musik jazz bagus adalah di Namibia, Urbaners. Buat lo yang suka musik jazz, mungkin lo sudah familiar dengan nama Suzy Eises. Ia adalah pemain saxophone asal Namibia yang penampilannya nampak sederhana di luar, cenderung introvert, dan pemalu. Tapi, kalau sudah tampil di panggung, lo bisa tersihir karena permainannya. Baru-baru ini, Suzy mengeluarkan pernyataan yang deep banget, Urbaners. Katanya, musik jazz nggak akan pernah kadaluarsa atau basi. Soalnya, warna yang diberikan musik jazz nggak pernah gagal buat menyampaikan emosi musisinya, seperti apa pun keadaannya.

Bisa dibilang, dalam sejarahnya, jazz memang jadi pelarian para orang Afrika-Amerika. Makanya, ada perasaan yang sangat kuat di setiap musik jazz. Kalau lo belum bisa menikmati musik jazz dengan sungguh-sungguh, bisa jadi itu karena lo belum nemuin jenis musik jazz yang pas buat lo dengarkan. Rajin-rajin saja browsing soal musik jazz, siapa tahu lo nanti akan ketemu yang paling pas.

Indonesia pun punya musisi jazz yang oke punya loh, Urbaners. Mungkin lo bisa mulai menelusuri musik jazz hasil karya musisi Indonesia terlebih dahulu. Selamat menikmati jazz, Urbaners!

 

Sumber:
www.allafrica.com

Comments
Sukamto
Keren bener bro
Muntakhimah
Keren broo