Trending
Senin, 21 Maret 2016

Legenda Jazz Indonesia, Ireng Maulana Meninggal Dunia

  • Share
  • fb-share
Legenda Jazz Indonesia, Ireng Maulana Meninggal Dunia

Belantika musik Indonesia berduka, salah satu legenda Jazz yang sering didengar alunan musiknya kini harus menutup usia di umur ke 71 tahun, tepatnya pada tanggal 6 Maret 2016 lalu. Ireng Maulana yang lahir pada 15 Juni ini adalah seseorang yang sangat dikenal oleh para musisi Jazz. Seperti apa kisah hidupnya?

Lahir Setahun Sebelum Indonesia Merdeka, Kini Meninggal di Tanah yang Sudah Merdeka

Ireng Maulana lahir pada tahun 1944, hampir satu tahun sebelum Indonesia merdeka. Ia lahir di Batavia, yang kini berganti nama menjadi Jakarta. Saat kecil hingga remaja, dirinya masih belum menunjukkan minat pada musik. Hingga akhirnya saat umur 16 tahun, dirinya mulai menggeluti dunia tersebut hingga akhir hayatnya.

Bakat Musik Menurun Dari Sang Ayah

Ireng tidak serta merta tertarik kepada dunia musik karena ternyata Ireng memiliki Ayah yang juga jago bermain musik. Lo pasti tahu kan bahwa musik nggak cuma berasal dari kerja keras, tapi juga adanya bakat untuk mengenal pola nada yang menarik. Ireng memiliki Ayah yang hebat di dunia musik, nggak heran kalau Ireng akhirnya tertarik kepada musik.

Memiliki Nama Lahir yang Berbeda Dengan Nama Sekarang

Nama lahir dari musisi Jazz legendaris ini ternyata bukan Ireng Maulana, melainkan Eugene Lodewijk Willem Maulana. Maulana adalah nama keluarga dari Ayahnya, Max Maulana, sedangkan nama ibunya adalah Georgiana Sinsoe. Meskipun nama Ayah dan Ibunya terdengar asing, namun Max Maulana dan Georgiana Sinsoe lahir di Cirebon dan Sangir.

Pernah Bermain Dengan Musisi Jazz Junior-nya

Sebagai seorang musisi senior, tentunya Ireng Maulana jadi idola. Banyak dari juniornya di dunia musik Jazz akhirnya bisa manggung bareng musisi Jazz legendaris ini. Salah satunya adalah Andien yang memiliki alunan musik Jazz yang lebih down to earth dan easy-listening. Hal ini membuktikan bahwa Ireng Maulana bukan orang yang terbuka oleh siapa saja, meski aliran musik Jazz nggak selalu sama.

Meskipun Ireng Maulana sudah meninggal, ia akan tetap menjadi orang yang dikenang oleh dunia Jazz Indonesia. Alunan musiknya yang khas nggak akan dengan mudah lo lupain. Selamat jalan, Ireng Maulana, semoga Indonesia mampu melahirkan musisi legendaris sepertimu lagi.

 

Sumber:
www.rollingstone.co.id

Comments
THIAS HASTININGSIH
Pernah Bermain Dengan Musisi Jazz Junior-nya
Mila Septiani
Max Maulana