Trending
Selasa, 17 Mei 2016

4 Sekolah Musik Paling Terkenal di Dunia

  • Share
  • fb-share
4 Sekolah Musik Paling Terkenal di Dunia

Seolah ada perdebatan nggak kasat mata bahwa musik nggak bisa dijadikan sebagai karir untuk menghidupi lo. Padahal, apapun bidang yang menjadi ketertarikan lo, selama lo tekun menjalaninya, hasilnya pun pasti bakal sesuai dengan yang lo harapkan. Khusus untuk musik, lo bisa memulainya dengan menempuh pendidikan di beberapa sekolah musik paling terkenal di dunia berikut ini, Urbaners.

 

The Juilliard School

Rasanya nggak berlebihan jika menyebut The Juilliard School sebagai sekolah musik paling prestisius di dunia. Dari ribuan pendaftar yang melamar dan melakukan audisi, cuma ada 8,4% yang diterima. The Juilliard School juga menjadi “rumah” dari Lincoln Center, gedung megah yang sering digunakan untuk pertunjukan seni kelas dunia. Beberapa musisi dan komposer terkenal yang juga merupakan alumni sekolah ini adalah Barry Manilow, Marvin Hamlisch, dan Philip Glass.

 

Baca juga: 

Menetapkan Standar Baru di Industri Musik

 

Royal Academy of Music

 

Royal Academy of Music berdiri pada tahun 1882, menjadikannya sebagai sekolah yang paling tua di kawasan Inggris Raya. Nggak cuma menyediakan kualitas pendidikan musik yang oke punya, Royal Academy of Music juga telah mendirikan label CD sendiri. Mereka bahkan telah merilis lebih dari dua puluh album musik. Menariknya lagi, ikatan alumni dari Royal Academy of Music juga terkenal erat. Beberapa yang terkenal di dunia adalah Elton John, Annie Lennox, dan Simon Rattle.

 

Berklee College of Music

Dengan tingkat penerimaan murid sebesar 35%, Berklee College of Music disebut-sebut sebagai sekolah musik saingan dari The Juilliard School. Berklee College of Music didirikan oleh Lawrence Berk, penyusun orkestra radio CBS dan NBC. Sejak awal, ia memang ingin mendirikan sekolah praktik untuk tempat belajar tentang musik kontemporer. Menariknya, Berklee College of Music juga menawarkan disiplin ilmu tentang bisnis musik, mulai dari produksi, label rekaman, hingga venue untuk konser.

 

UCLA Herb Alpert School of Music

Pada tahun 2007, UCLA mendirikan The Herb Alpert School of Music, sebuah program musik yang dibiayai sebesar USD 30 juta oleh Herb Alpert Foundation. Karena begitu sukses dan ramai pendaftar, UCLA akhirnya meminta University of California untuk menetapkan The Herb Alpert School of Music sebagai sekolah musik independen pertama mereka, dengan departemen akademik dan ketua fakultas sendiri. Setiap tahunnya, tingkat penerimaan UCLA Herb Alpert School of Music cuma berkisar sekitar 20%.

 

Masih ragu bahwa musik nggak bisa membawa lo pada kesuksesan? Mungkin lo cuma harus mencoba untuk mendaftarkan diri pada salah satu dari keempat sekolah musik di atas. Jangan biarkan bakat musik lo terpendam sia-sia, Urbaners. Selama nggak berhenti belajar dan tekun mengasahnya, lo pasti bisa sejago dan sesukses para musisi idola lo.

 

Baca juga artikel:

How to Prepare Yourself to Build Your Music Career?

 

Sources: ngasih.com, hollywoodreporter.com, thebestschools.org

Comments
PUJI RAHAYU kopkar
Keren banget
Mursidin
Keren banget