Trending
Jumat, 02 September 2016

Log Zhelebour, Kisah Pria Pecinta Rock Asal Surabaya yang Jadi Bapaknya Jamrud

  • Share
  • fb-share
Log Zhelebour, Kisah Pria Pecinta Rock Asal Surabaya yang Jadi Bapaknya Jamrud

Pernah dengerin lagu-lagu band rock Jamrud? Band rock yang satu ini memang nggak bisa lepas dari para pecinta rock Indonesia. Siapa sangka, ketenaran band rock yang satu ini bisa dibilang berkat promotor Log Zhelebour. Lelaki yang saat ini telah berusia 57 tahun ini sangat berjasa dalam sejarah perkembangan lagu rock di Indonesia. Sebagai promotor konser rock, Log Zhelebour bahkan sempat mengundang Helloween tur 2 kota di Indonesia. Siapa sebenarnya Log Zhelebour?

 

Sempat adakan festival rock besar

Log Zhelebour yang bernama asli Ong Oen Log adalah pria asal Surabaya yang lahir pada tanggal 16 Maret 1959. Di bawah bendera Log Zhelebour Production, sudah banyak produk rock Indonesia yang lahir berkat tangan dinginnya. Beberapa musisi yang sempat ditangani oleh Log antara lain Ita Purnamasari, Mel Shandy, Nicky Astria, El Palmas, Power Metal, Boomerang, hingga Jamrud.

Kiprahnya di dunia promotor pagelaran musik sebenarnya dimulai pada tahun 1977. Saat itu, bukan musik rock yang jadi andalan Log, melainkan disko. Di tahun tersebut, disko dianggap lebih populer. Ketika itu, Log mendirikan Log Zhelebour Production untuk menunjang karirnya. Di tahun 1979, nama Log mulai menanjak berkat pagelaran Rock Power yang dibintangi oleh band rock asal Surabaya, SAS, dan Super Kid yang berasal dari Bandung.

 

Mulai dari band lokal hingga internasional

Namun, kiprahnya yang paling sukses adalah ketika menjadi yang pertama menggelar festival musik rock besar di Indonesia. Tercatat, 11 kali Log menggelar festival rock ini sejak tahun 1984. Sayangnya, krisis moneter yang terjadi di tahun 1997-2000 membuat festival rock ini terhenti.

Meski demikian, Log nggak berhenti berkarya. Dia melakukan rekaman dengan band-band besar, antara lain God Bless, Boomerang, dan Jamrud. Pada masa inilah Jamrud mulai mendapat predikat grup rock nomor satu melalui album-albumnya antara lain Nekad (1996), Putri (1997), dan Ningrat (2000). Di tahun 2001, Jamrud bahkan berhasil meraih 5 kategori AMI Award di bawah manajemen Log Zhelebour.

Hebatnya, karir Log juga tak terbatas pada grup rock lokal saja. Band rock internasional seperti Sepultura, Mr. Big, White Lion, Helloween, hingga Skid Row sempat dipromotori untuk tampil di berbagai kota di Indonesia.

Luar biasa memang bapak yang satu ini. Berkat dia, lo semua jadi tahu lagu-lagu rock terkenal di dunia. Terima kasih, Log Zhelebour.

Comments
SEPTIAN DWI NUGROHO
Mulai dari band lokal hingga internasional
Irwandi -
Mantap infonya