Trending
Kamis, 09 Juni 2016

Copa America 2016, Edisi 100 Tahun Ulang Tahun Liga Terbesar di Benua Amerika

  • Share
  • fb-share
Copa America 2016, Edisi 100 Tahun Ulang Tahun Liga Terbesar di Benua Amerika

Sebagai informasi, Copa America ini sebenarnya diselenggarakan 4 tahun sekali. Tetapi karena menginjak ulang tahun ke 100-nya, federasi sepakbola Amerika ini akhirnya memutuskan untuk mengadakan Copa America di 100 tahun penyelenggaraannya. Copa America 2016 pun bertajuk Centenario bahasa spanyol dari centennial atau 100 tahun.

Nah karena umurnya yang ke-100 tahun, banyak fakta-fakta unik yang bisa lo ketahui. Turnamen yang sudah digelar pada tanggal 4 Juni lalu ini ternyata mendapatkan banyak kecaman. Apa saja fakta unik tersebut?

 

Copa America yang pertama kali diadakan di luar Amerika Selatan

Mulai digelar sejak tahun 1916, nggak pernah sekalipun Copa America diselenggarakan di luar Amerika Selatan. Sebagai informasi nih Urbaners, negara-negara dari CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia) baru ikutan Copa America pada tahun 1993, itupun hanya sebagai undangan. Jadi sepanjang perhelatan Copa America, pasti diselenggarakan di Amerika Selatan. Untuk menghormati dan menghargai beberapa negara dari luar Amerika Selatan, akhirnya pada tahun 2016 ini Copa America diselenggarakan di Amerika Serikat. Dan itulah Copa America pertama kali diadakan di luar Amerika Selatan.

 

Dari 12 tim menjadi 16 tim

Jika lo ngikutin Copa America 2015 di Chili kemarin, pasti lo ingat tim dari zona CONMEBOL hanya 10 tim, dan 2 tim lainnya adalah undangan yaitu Meksiko dan Jamaika. Pada tahun 2012, melalui rapat yang alot, akhirnya Copa America pada edisi ke 100 tahun ini memutuskan untuk menambah jumlah tim dari luar CONMEBOL yaitu 6 tim. Jadi sekarang lo lihat ada 4 grup, yang berisi 10 tim dari zona CONMEBOL dan CONCACAF.

 

Jadwal bertabrakan dengan Euro

Ada yang mengatakan bahwa Copa America ini dipaksakan untuk diselenggarakan. Pertama karena jadwalnya bertabrakan dengan Euro 2016. Tentu semua orang pasti mengatakan bahwa kehebohan Euro ini lebih hebat daripada Copa America. Mau dibikin gimana, kemegahan pemain yang ada di Piala Eropa tentu lebih gemerlap. Sebagai informasi, Euro 2016 ini mulai pada tanggal 10 Juni. Jadi kalian pilih mana Urbaners, Euro atau Copa America?

 

 

 

Source: bbc.com

Comments
KARYADI
Copa America yang pertama kali diadakan di luar Amerika Selatan
Lukmanul hakim
Copa America yang pertama kali diadakan di luar Amerika Selatan