Trending
Kamis, 18 Agustus 2016

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir Persembahkan Emas Pertama untuk Indonesia

  • Share
  • fb-share
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir Persembahkan Emas Pertama untuk Indonesia

Pada Olimpiade London 2012, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menjadi unggulan keempat harus kalah di babak semifinal dari Xu Chen/Ma Jin dari Tiongkok. Perebutan medali perunggu pun Tontowi/Liliyana kalah dari pasangan Denmark. Lalu 4 tahun berselang, Tontowi/Liliyana berhasil memperoleh medali emas di Olimpiade Rio 2016. Ya, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 kemarin, Indonesia berhasil memperoleh medali emas pertamanya di cabang Badminton Ganda Campuran.

 

Tontowi/Liliyana datang ke Rio dengan compang-camping

Selama tahun 2016, Tontowi/Liliyana ini hanya memenangkan satu kali turnamen, yaitu Malaysia Open pada bulan April lalu. Kemudian Tontowi/Liliyana ini selalu gagal di berbagai turnamen. Paling parah Tontowi/Liliyana harus kalah di babak kedua di kejuaraan Indonesia Open 2016 lalu. Tetapi siapa sangka, keterpurukan tersebut menjadi salah satu tonggak kebangkitan dari kedua pasangan yang telah 5 tahun bersama. Beban sedikit berkurang, Tontowi/Liliyana bisa bermain lepas di Olimpiade.

 

Kalahkan pasangan Malaysia dan selalu menang 2 set berturut-turut

Dari 5 pertandingan sebelum final, Tontowi/Liliyana dengan percaya diri selalu mengalahkan lawan-lawannya 2 set langsung. Tentu itu bisa membuat kepercayaan diri keduanya bisa meningkat saat final. Saat  final, lawan Indonesia adalah pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang secara mengejutkan mengalahkan Xu Chen/Ma Jin di semifinal. Pasangan Malaysia yang sebelumnya pernah dikalahkan di fase grup dan di final Malaysia Open 2016 lalu tentu diatas kertas menjadi lawan yang relatif “mudah”.

Di partai final, nggak ada yang mengejutkan. Permainan lini depan Liliyana Natsir dibantu dengan smash silang cepat dari Tontowi Ahmad dapat membuat pasangan Malaysia kelimpungan. Hanya dalam tempo 47 menit dan dua set langsung, pasangan Indonesia berhasil mengalahkan pasangan Malaysia tersebut.

Medali di sektor ganda campuran ini merupakan pencapaian tertinggi bagi Indonesia. Sebelumnya hanya pada Olimpiade Sydney 2000, pasangan Tri Kus/Minarti Timur berhasil mendapatkan medali perak. Kemarin, bertepatan pada 17 Agustus 2016, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil mengibarkan bendera merah putih di Rio!

Comments
SRI YAYA ASTUTI
Kalahkan pasangan Malaysia dan selalu menang 2 set berturut-turut
Ahdan Maulana Muhammad
Good pokoke