Trending
Selasa, 08 Maret 2016

Ngaku Musisi Handal? Coba Adu Skill Sama Robot Musisi Ini!

  • Share
  • fb-share
Ngaku Musisi Handal? Coba Adu Skill Sama Robot Musisi Ini!

Lo pernah ngebayangin suatu kehidupan di mana manusia dan robot jalan berdampingan gitu nggak sih, Urbaners? Mungkin sekarang lo tahu kalau robot-robot memang banyak dipakai buat bantu kerjaan manusia, atau sekadar buat mainan saja. Tapi lo kebayang nggak soal robot yang bisa mainin alat musik, mulai dari gitar, piano, drum, sampai trompet? Iya, mereka lancar mainin alat musik yang mungkin Urbaners belajarnya lama banget itu. Teknologi kadang-kadang keren tapi bikin seram juga ya, Urbaners? Nah, ini daftar robot-robot musisi yang sudah eksis di dunia.

1985, Don Cuco El Guapo

Robot musisi pertama yang terkenal asalnya adalah dari Universidad Autonoma de Puebla, Meksiko, Urbaners. Robot ini punya kamera di matanya yang bikin dia bisa baca not balok. Terus, tangannya bakal keliling tuts piano sesuai dengan not yang dia baca. Robot ini lengkap pakai sabuk dan topi ala Meksiko, Urbaners.

2005, Robot dari Toyota

Robot yang bentuknya sudah kece ini bisa main trompet, Urbaners. Seolah-olah dia seperti manusia saja gitu. Robot ini bisa ngatur tekanan udara yang dikeluarkan juga. Selain robot yang main trompet, Toyota juga bikin robot lain yang bisa main tuba dan drum, biar sekalian jadi marching band robot.

2008, The Trons

Kalau robot sebelumnya punya bentuk jelas seperti manusia, The Trons nggak begitu, Urbaners. The Trons adalah band musik yang diisi oleh Wiggy (lead guitar), Ham (rhythm guitar), dan Fifi (keyboard player). Mereka nggak punya kepala atau anatomi seperti manusia, tapi mereka sudah bikin rekaman lagu yang judulnya Sister Robot dan The Trons Theme.

2013, Z-Machines dan Compressorhead

Dua band robot ini bentuknya balik seperti manusia, Urbaners. Z-Machines adalah band buatan insinyur dari Universitas Tokyo. Z-Machines bahkan sudah punya EP sendiri berjudul Music for Robots setelah Tom Jenkinson, komposer asal Inggris dengar permainan Sad Robot Goes Funny mereka. Kalau Compressorhead, mereka ambil aliran rock dalam bermusik dan sudah manggung sejak tahun 2012. Compressorhead juga mau buat album yang ada penyanyi robotnya segala.

2014 dan 2016, Robot Prostesis

Yang namanya mimpi memang nggak boleh berhenti dikejar, Urbaners. Robot prostesis ini memungkinkan orang yang kehilangan lengannya buat bisa main drum lagi. Robot ini tinggal ditempel di tubuh, dan sensornya bakal ngebaca gerakan otot yang punya. Di tahun 2016, robot seperti ini juga dijadiin lengan ketiga, sehingga seorang drummer bisa makin heboh lagi mainnya.

2015, Robot Koreografer

Mungkin robot yang satu ini kelihatan nggak sekeren robot-robot sebelumnya, Urbaners. Tapi biar pun kecil, robot ini manfaatnya besar banget. Robot ini bisa bantu lo nentuin gerakan tari atau improvisasi musik macam apa setelah dengar satu permainan lagu. Lumayan, bisa jadi persiapan sebelum Urbaners turun ke dancefloor.

Sedang Dibuat, Al System

Sekarang, musisi jazz dan ilmuwan komputer, Kelland Thomas, lagi mencoba bikin Al System yang bisa bikin robot main musik jazz bareng musisi sungguhan lainnya. Mulai dekat nih Urbaners, masa-masa manusia bakal sandingan beneran sama robot!

Mana yang paling penasaran buat lo lihat langsung konsernya, Urbaners? Nah, lo sendiri jangan sampai kalah sama robot ya. Nggak ada kata terlambat kok buat belajar main musik! Atau mungkin lo pengen tahu ada robot yang bisa pakein makeup sendiri?

 

Sumber:
www.techinsider.io

Comments
Susiana Saputri
Mamtap banget
Pak Mulyono
Robot yg keren